Susah Menabung? Tabungan Berjangka Bisa Jadi Solusinya

Money - Canva

Money - Canva

Like

“Bang bing bung, yok kita nabung… Tang ting tung, hey jangan dihitung, tahu-tahu nanti kita dapat untung..”

Penggalan lagu anak-anak “Menabung” karya Titiek Puspa tersebut, secara enggak langsung, bikin kita menyadari pentingnya menabung sejak dini.

Memang, berbagai keuntungan bisa kita peroleh dengan menabung. Namun, bagi sebagian orang, ternyata menabung itu cukup sulit untuk dilakukan lho. Apakah kamu salah satunya?

Dikutip dari laman Bank Sinar Mas, ada sejumlah faktor yang bikin kamu malas menabung. Faktor tersebut antara lain:
  • Sulit membedakan investasi dan konsumsi
  • Enggak mau buat rencana keuangan
  • Dilema kebutuhan dan keinginan
  • Enggak memisahkan rekening tabungan dan operasional
  • Punya prinsip You Only Live Once (YOLO)

Nah, buat kamu yang merasa sulit menabung, jenis tabungan berjangka mungkin bisa jadi solusinya nih. Soalnya, jenis tabungan ini memungkinkan kamu untuk menabung secara rutin melalui penarikan dana otomatis (autodebet) dari rekening tabungan induk setiap bulannya.

Sesuai namanya, dilansir dari laman Bisnis, tabungan berjangka punya ketentuan jangka waktu (tenor) yang sebelumnya disepakati oleh nasabah dan pihak bank. Biasanya sih, jangka waktunya berkisar dari 1 hingga 20 tahun nih, tergantung kebutuhan kamu.


Selama ini mungkin salah satu kelemahan kamu adalah mudah tergoda untuk menggunakan uang tabungan secara sembarangan. Nah, di tabungan berjangka, kalau kamu berniat buat mengambil tabungan sebelum jatuh tempo, kamu malah akan dikenakan biaya penalti.

Jadi, secara enggak langsung, tabungan berjangka juga bisa membuat kamu lebih disiplin dalam mengelola tabungan. 

Enggak cuma itu, suku bunga yang ditawarkan tabungan berjangka biasanya lebih tinggi dibandingkan jenis tabungan biasa. Adapun, tabungan jenis ini, juga biasanya punya fasilitas perlindungan asuransi jiwa, serta setoran bulanan bisa diteruskan oleh pihak asuransi jika nasabah meninggal dunia.

Nah, sekarang hampir semua bank sudah menyediakan layanan tabungan berjangka kok. Yuk, daripada jajan terus dan berakhir boncos, mending menabung dari sekarang!