Ini Pentingnya Kolaborasi untuk Bisnis Kamu

Collaboration - Canva

Collaboration - Canva

Like

Memecahkan masalah secara bersama-sama terkadang lebih baik, ketimbang sendirian. Dengan bekerja sama, segala urusan bisa saja terasa lebih ringan.

Seperti halnya prinsip gotong-royong yang selama ini diterapkan di lingkungan kita sejak dini, menjalin kerja sama dengan orang lain tentunya jadi hal yang lumrah dilakukan.

Enggak cuma saat kerja bakti, mengerjakan tugas kelompok, di kantor, atau saat jadi panitia acara saja nih. Dalam menjalani bisnis, kamu pun perlu untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Layaknya para Youtubers atau kreator konten lainnya, istilah kolaborasi juga enggak asing dalam dunia bisnis. Bahkan, kolaborasi menjadi hal yang penting untuk kelangsungan bsinis kamu, Be-emers.

Dilansir dari laman Jurnal, kolaborasi bisnis penting untuk dilakukan karena:
  • Dapat membangun jaringan (networking)
  • Memberikan inspirasi maupun pelajaran
  • Membuat inovasi serta perubahan yang positif, dan
  • Pastinya dapat membantu memecahkan masalah.

Apalagi di situasi pandemi Covid-19, banyak lini usaha yang kinerjanya jadi “kurang sehat” dan harus berjuang untuk bertahan.


Pandemi yang terjadi di era digital ini sebenarnya bisa dimanfaatkan para pelaku usaha untuk mulai bangkit, salah satunya dengan melakukan kolaborasi bisnis dengan para e-commerce.

“Pandemi ini membawa kita untuk memiliki semangat kolaborasi untuk menciptakan transformasi teknologi bersama-sama,” kata Komisaris SEA Group Indonesia Pandu Sjahrir, dikutip dari Bisnis.

Sependapat dengan Pandu, CEO Tokopedia William Tanuwijaya juga menilai, dari data yang ada, pandemi ini bisa mendorong kesadaran para pelaku bisnis untuk masuk ke era digital. William pun sepakat kalau pandemi ini telah mendorong percepatan transformasi digital yang ada.

Pandu, yang merupakan investor perusahaan rintisan ini, juga menilai kalau saat ini telah terjadi irreversible trend dan perubahan pola penjualan.

Nah, lewat e-commerce yang ada, kebutuhan masyarakat jadi lebih cepat terpenuhi dan mampu menolong jutaan pelaku UMKM.

Selain itu, CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin juga mengungkapkan kalau para pelaku usaha perlu lebih kreatif dan inovatif.