Blanja.com Berhenti Beroperasi, Ada Apa?

E-Commerce - Canva

E-Commerce - Canva

Like

Platform e-commerce Blanja.com diketahui resmi ditutup nih, Be-emers. Marketplace hasil joint venture antara Telkom Indonesia dengan eBay itu mengumumkan kalau operasinya berhenti per 1 September 2020.

Penghentian operasional  tersebut dinilai terjadi karena adanya perubahan strategi bisnis yang akan dilakukan oleh Blanja.com.

Lebih tepatnya, dikutip dari Bisnis, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menilai, berhentinya operasional Blanja.com karena beralih fokus pada bisnis e-commerce di segmen korporasi dan UMKM dengan transaksi business to business (B2B).

Dengan kata lain, Blanja.com lagi melihat peluang lain yang lebih besar. Menurut Ketua Umum idEA, ketimbang bertarung dengan raksasa e-commerce dalam jumlah banyak, Blanja.com lebih memilih masuk ke ranah dengan kompetitor yang masih sedikit dan bersaing untuk menjadi raksasa di sana.

Terus gimana nasib para penjual dan pembeli yang masih melakukan transaksi?


Tenang, buat kamu yang masih terlibat transaksi seperti pembelian, penjualan, pembayaran, hingga pengiriman, hal itu masih bisa diselesaikan kok.

Terlebih, pihak Blanja.com, menghimbau para user untuk segera melakukan penarikan saldo pada Dompet Blanja, paling lambat sebelum tanggal 30 September 2020. 

Adapun, platform yang didirikan tahun 2021 ini menjadi salah satu kemitraan yang strategis antara perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan pemimpin industri e-commerce dunia, eBay.

Di bawah naungan PT Metra Plasa, Blanja.com telah punya ribuan merchant dengan berbagai variasi produk. Selain itu, marketplace ini juga bekerjasama dengan sejumlah bank besar untuk transaksi pembayaran hingga pembayaran pajak menggunakan layanan dompet digitalnya.