Gimana Bisa Trending di Twitter? Yuk, Intip Prosesnya

Twitter - Canva

Twitter - Canva

Like

Tweeps (sapaan akrab pengguna Twitter), pasti suka banget kan mengikuti topik pembicaraan yang lagi trending?

Bukan cuma sekedar jadi bahan omongan para warga net, trending topic di Twitter juga kerap jadi acuan pemberitaan dan perkembangan isu yang beredar di masyarakat, hingga dunia. Selain itu, trending topic Twitter juga bisa membuat segala hal yang ada di dalamnya menjadi viral.

Bahkan, enggak jarang, di setiap trending topic, ada beberapa akun yang “menyelipkan” konten dagangannya biar ikutan viral juga. Kamu pernah melakukan hal itu juga enggak nih?

Nah, yang sering banget jadi pertanyaan adalah, gimana sih sebuah topik bisa trending di Twitter?

Enggak cuma kamu kok yang penasaran. Menurut pihak Twitter, dikutip dari Bisnis, hal itu sudah dipertanyakan oleh warga net sebanyak setengah juta kali dalam kurun waktu setahun terakhir!
 

Algoritma Twitter

Jadi dalam proses trending, Twitter menggunakan kombinasi algoritma dan tim kurasi buat menentukan sebuah cuitan (tweet) tersebut dapat mewakili dan mencerminkan topik yang sedang tren.


Nah, algoritma Twitter ini dirancang buat mengidentifikasi cuitan yang mewakili suatu topik, namun enggak berpotensi menyinggung, spam, atau dibagikan sama akun yang mencoba memanfaatkan sistem Twitter.
 

Pinned Tweet

Adapun, kini beberapa topik yang lagi tren dilengkapi dengan tweet perwakilan yang bisa disematkan (pinned). Hal itu dilakukan untuk memberikan lebih banyak informasi tentang topik yang sedang tren.

Fitur penambahan tweet yang disematkan pada trending topic tersebut telah dirilis di iOS dan Android, serta bakal segera hadir di laman twitter.com.
 

Deskripsi Singkat

Enggak cuma itu, rencananya, Twitter juga bakal menambahkan fitur deskripsi singkat pada sebuah topik yang lagi trending. Deskripsi itu bertujuan untuk menambah konteks langsung dan bersumber jelas tentang penjelasan suatu hal bisa menjadi tren.

Fitur deskripsi singkat ini dikembangkan oleh tim kurasi Twitter, dan dapat ditemukan di twitter.com serta Twitter untuk iOS maupun Android.

Sayangnya, dua fitur baru Twitter itu belum tersedia di Indonesia nih, Be-emers.