Mau Reopening Bisnis Restoran? Simak Dulu Strateginya

Restaurant - Canva

Restaurant - Canva

Like

Dengan adanya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) beberapa waktu lalu, terpaksa membuat para pelaku bisnis kuliner menutup sementara restoran atau kedainya, terutama untuk akses dine-in atau makan di tempat.

Hal itu tentunya bikin pendapatan di industri restoran menurun daripada biasanya. Bahkan, enggak sedikit yang akhirnya “gulung tikar”.

Setelah adanya kebijakan new normal, perlahan bisnis restoran mulai bangkit kembali. Meski masih dibatasi jumlah pengunjungnya.

Apakah kamu salah satu yang mengalami hal tersebut?

Adapun, pelaku restoran harus menerapkan protokol kesehatan seperti mengecek suhu tubuh pengunjung, mewajibkan pakai masker di area restoran, menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan mengatur jarak tempat duduk pengunjung.


Jika kamu punya bisnis kuliner, dan sempat tutup selama masa PSBB kemarin, mungkin ini saatnya untuk membuka kembali bisnis tersebut. Sebelum memutuskan untuk reopening tempat makan atau restoran yang kamu miliki, ada sejumlah strategi nih yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa cuan.
 

Promosi Paket Siap Saji

Fasilitas makan di tempat atau dine-in memang masih dibatasi. Sementara itu, banyak orang yang juga kangen untuk bersantap layaknya di restoran.

Kamu bisa menyediakan paket menu siap saji nih, Be-emers. Strategi ini, bahkan bisa dilakukan oleh restoran steak atau shabu-shabu sekalipun lho!

"Sejak PSBB berlangsung dan kami membatasi fasilitas dine-in, pesanan untuk daging beku meningkat sedikit lebih tinggi dari hari-hari biasa sebelum wabah Covid-19 menyebar," ujar Andre, pemilik restoran barbekyu Genkuro di Jakarta, dikutip dari laman Bisnis.

Andre mengalihkan bisnisnya ke penjualan daging beku siap masak untuk menyiasati sepinya pengunjung. Sedangkan untuk pengirimannya, akan dilakukan melalui jasa pengiriman ojek online dari restorannya yang terletak di Rawamangun dan Cibinong.
 

Sediakan Fitur Take Away

Selain itu, sediakan pula fitur take away untuk menu-menu tertentu. Misalnya menu rice bowl atau yang dikemas praktis untuk dibawa pulang oleh pengunjung atau untuk layanan delivery.

Selain itu, Andre juga telah bekerja sama dengan jasa pengiriman ojek online untuk mendiversifikasi pilihan bagi konsumen.