
Style Etnik ala Sabuya (Sumber Gambar: Instagram @sabuyaroom)
Keberadaan kain nusantara yang beraneka ragam dan penuh akan nilai-nilai budaya bisa banget nih kita jadikan salah satu ide dalam berbisnis. Karakter yang tertanam di dalamnya pun bisa Be-emers jadikan pondasi dalam memberikan nilai jual yang tinggi. Bukankah begitu Be-emers?
Berdasarkan jejak digital instagram @sabuyaroom, pada tahun 2015 berdirilah sebuah brand fashion bernama Sabuya oleh seorang wanita bernama Arnis Wiganti. Salah satu produk yang mereka tawarkan adalah baju bernuansa etnik, kolaborasi desain modern dengan kain tenun tradisional.
Ini adalah salah satu contoh peluang yang menarik, yang bisa Be-emers contoh dan kembangkan.
Sekitar sepuluh tahun sudah, Sabuya menemani Be-emers, memberikan nuansa nusantara yang begitu indah dan unik. Bukanlah hal yang mudah untuk melewati masa-masa itu. Pastinya ada banyak tantangan yang Sabuya hadapi. Namun, mereka tetap bertahan sampai saat ini dengan produk-produk berkualitas dan berkarakter.
Gaya ala Sabuya patut kita banggakan dan kita bumikan, agar Sabuya semakin semangat dalam berkarya dan membuat inovasi-inovasi terbaik dari produk Kain Nusantara.
Belajar dari Sabuya, Be-emers bisa mengetahui peluang dan tantangan yang dapat kita pelajari saat berbisnis kain nusantara.
Baca Juga: 4 Tips Mengubah Tantangan Bisnis Kain Nusantara Menjadi Peluang ala Sabuya
Peluang Berbisnis Kain Nusantara
Ketika kita berbicara tentang peluang dalam berbisnis kain Nusantara, mari kita coba ulik dari hal yang ada di sekitar kita.Pertama, pakaian. Hal yang satu ini pasti dibutuhkan oleh semua orang. Pakaian seperti apa ya, yang biasa dipakai oleh kebanyakan orang. Atau…apa ya pakain yang lagi trend?
Dari situ, Be-emers bisa memulai mencari ide, bagaimana sebuah produk kain nusantara dapat berperan penting dan memiliki nilai jual di pasaran.
Be-emers bisa mencoba mengkombinasikan kain-kain tradisional yang ada dengan desain-desain kekinian, yang banyak diminati oleh masyarakat, sebagaimana yang dilakukan oleh Sabuya.
Dengan mengangkat tema nusantara atau tradisional, keunikan atau kekhasan dari produk yang dibuat oleh Be-emers bisa memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan produk yang tidak menggunakan kain nusantara.
Kedua, adalah tas. Barang yang satu ini juga tak kalah pentingnya bagi semua kalangan, baik anak-anak sampai dewasa. Untuk membuat produk yang satu ini, Be-emers bisa bekerjasama dengan brand-brand ternama agar jangkauan pasanya lebih luas dan keuntungan yang didapat lebih besar.
Ketiga, dekorasi rumah. Gimana nih menurut Be-emers tentang adanya dekorasi rumah yang diberi sentuhan kain nusantara. Tentunya hal itu akan semakin menarik bukan? Selain dapat mempercantik sudut ruangan nih, nilai budaya yang melekat dari kain Nusantara akan membuat suasana ruangan lebih nyaman dan enak dipandang.
Keempat, toko online. Keberadaan teknologi digital harus Be-emers manfaatkan. Jika Be-emers memiliki produk berbasis kain nusantara, Be-emers bisa memasarkan produk tersebut secara online agar jangkauan pemasarannya lebih luas, bahkan sampai ke luar negeri.
Kelima, Edukasi dan Promosi. Bagi Be-emers, yang perperan sebagai pelaku usaha yang tidak ingin ilmunya diam begitu saja, Be-emers bisa memanfaatkan teknologi digital untuk mengedukasi masyarakat, sehingga mereka juga bisa membangun bisnis mereka.
Edukasi bisa banget dilakukan bersamaan dengan promosi, dengan demikian Be-emers bisa mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produk Be-emers secara tidak langsung. Bukankah hal itu sangat menguntungkan bagi Be-emers?
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.