
freepik.com
Persepsi tentang komunitas, umumnya adalah orang atau kelompok yang punya tujuan atau visi, hobi yang sama, misalnya senang menulis, bergabung dalam komunitas penulis.
Komunitas fesyen juga hampir sama, mereka yang memiliki ketertarikan dan minat yang sama pada industri fesyen sehingga memungkinkan mereka berjejaring dan berkolaborasi dalam aspek mode.
Jika kita sebagai pelaku bisnis fesyen, kita perlu mengetahui pentingnya komunitas fesyen, bukan sekedar untuk kumpul-kumpul bersama untuk sekedar melihat tren fesyen terakhir, tapi lebih dalam maknanya.
Anggota komunitas fesyen menjadi inkubator ide-ide baru, memberikan dukungan kepada desainer baru, menyediakan ruang bagi konsumen untuk saling berinteraksi, berbagi nilai tentang merek yang dibelinya, bagi pelaku usaha menjadikan ajang untuk daya tarik emosional para konsumen .
Manfaat Komunitas untuk Produk Fesyen:
Berikut adalah manfaat komunitas untuk produk fesyen yang perlu kamu ketahui:
- Peluang jaringan: Mempersatukan para individu dari latar belakang profesi yang memiliki minat fesyen untuk bisa berkolaborasi.
- Peramalan tren: Perkembangan dunia fesyen bukan hanya milik dari desainer saja, tapi juga para individu sehingga keduanya bisa saling terbuka tentang tren yang disukai dan diminati.
- Pengembangan karier: Bagi desainer muda, inilah tempat untuk menggali sumber daya baik dari mentor untuk mendapatkan bimbingan dan peluang kerja.
Jenis-Jenis Komunitas Mode
Ada dua jenis komunitas mode yaitu daring dan luring
- Komunitas fesyen daring memanfaatkan platform daring seperti zoom, google meeting untuk berdiskusi dan bertemu di dunia maya.
- Komunitas fesyen luring selalu berkumpul di suatu tempat untuk mengadakan acara bersama dan membangun kolaborasi, memberikan ide dan sebagainya.
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.