Bangun Komunitas Online Produk Fashionmu: Kunci Sukses Berbisnis di Era Digital

Sekelompok Wanita dalam Sebuah Forum Komunitas Bisnis Fashion (Sumber Gambar: idn.freepik.com)

Sekelompok Wanita dalam Sebuah Forum Komunitas Bisnis Fashion (Sumber Gambar: idn.freepik.com)


Bagi Be-emers yang suka berbagi dan bertukar pikiran, komunitas adalah kebutuhan yang tidak dapat kita tinggalkan. Apa lagi, bagi Be-emers yang sedang bergelut di dunia bisnis fashion.

Bagi sebagian orang, komunitas lebih dari sekedar rekan kerja, sahabat, ataupun keluarga loh Be-emers.

Karena di dalam suatu komunitas dengan minat tertentu, yang sesuai dengan Be-emers, keberadaannya bisa menjadi ajang bagi Be-emers untuk mengekspresikan aspirasi kita tanpa batas.

 

Keberadaan Komunitas Online di Era Digital

Be-emers, sebelum mengenal dunia teknologi digital nih, orang-orang berkumpul di suatu tempat membentuk suatu komunitas, untuk membahas permasalahan, ide-ide, ataupun solusi-solusi tertentu.

Berbeda dengan saat ini Be-emers, keberadaan komunitas tidak harus bertatap muka, karena dunia digital telah mempermudah kita dalam berinteraksi dengan berbagai individu dari berbagai daerah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Walaupun demikian Be-emers, kegiatan-kegiatan secara offline juga tidak ditinggalkan loh dalam suatu komunitas, karena hal ini bisa menguatkan hubungan sosial serta kepercayaan antar anggotanya.


Komunitas di era digital sekarang ini, juga kita kenal dengan istilah komunitas online, yang merupakan sebuah wadah bagi sekelompok orang yang berkumpul di sebuah platform digital tertentu. Mereka ini, biasanya memiliki kesamaan dalam minat, hobi, atau tujuan tertentu.

 

Mengenal 3 Jenis Platform Digital Bagi Komunitas Online

Dikutip dari kompas.co.id, berikut adalah 3 jenis platform yang biasa digunakan oleh komunitas online:

 

1. Media Sosial

Media sosial yang banyak digunakan oleh komunitas online ini beragam Be-emers, mulai dari WathsApp, Instagram, dan Facebook. Nah, melalui media sosial tersebut, Be-emers bisa membuat grup khusus atau komunitas yang fokus pada pelanggan ataupun calon pelanggan dari produk fashion Be-emers.

 

2. Forum dan Grup Diskusi

Be-emers, belakangan ini, Telegram dan Discord, adalah platform yang cukup populer dalam suatu komunitas. Dengan menggunakan dua platform ini, Be-emers bisa melakukan beragam aktivitas online yang interaktif dan terfokus, bersama dengan anggota komunitas yang Be-emers bangun.

 

3. Website dan Blog Komunitas

Adanya website ataupun blog komunitas, dengan beragam fitur menarik untuk keperluan komunitas, tentunya akan memberikan keuntungan bagi Be-emer. Keberadaannya dapat menjadi tempat untuk berdiskusi maupun menyebarkan konten-konten yang berkaitan dengan bisnis fashion Be-emers.

Ternyata mudah bukan membuat suatu komunitas di era digital saat ini Be-emers?