Mau Hemat saat Belanja Bulanan? Kamu Bisa Lakukan Cara Ini

Grocery Shopping - Canva

Grocery Shopping - Canva

Like

Belanja jadi salah satu kegiatan yang penting banget dilakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan kita. Namun, bagi sebagian orang, belanja juga bisa jadi kegiatan untuk menghilangkan stress.

Bahkan, belanja juga bisa bikin kecanduan lho! Hal itu kemudian dikenal dengan istilah shopaholic.

Meski begitu, penting juga untuk tetap menjaga keuangan saat berbelanja. Jangan sampai kamu boncos terus gara-gara belanja.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 kayak sekarang ini. Berhemat jadi salah satu cara untuk menyelamatkan kondisi keuangan kamu.

Nah, menurut Saving Experts Lauren Greutman, dikutip dari laman Bisnis, ini sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan untuk berhemat saat belanja.
 

Cek Kebutuhan Dapur

Dapur bisa jadi salah satu sumber pengeluaran paling banyak untuk belanja bulanan. Terutama, untuk kamu yang sudah berumah tangga.


Soalnya, menurut Lauren, bahan makanan sangat gampang banget terlupakan jika disimpan di laci dapur atau kulkas. Makanya, kamu perlu cek hal apa saja yang kira-kira sudah habis, ditambah, atau dikurangi dari dapur kamu.

Misalnya, cek kembali garam atau merica di dapur kamu masih cukup untuk kebutuhan 1 bulan kedepan atau tidak. Atau, perlukan membeli kembali saus tiram untuk kebutuhan masakan bulan ini?
 

Rencanakan Mau Makan Apa Saja

Ini bisa jadi strategi kamu sebelum mulai belanja. Kamu bisa merencanakan terlebih dahulu, makanan atau minuman apa saja yang akan kamu konsumsi kedepan.

Setelah itu, kamu bisa tulis daftar belanjaan makanan, minuman, dan bahan masakan sesuai “wishlist” konsumsi kamu tadi. Buat secukupnya yaa, agar kamu jadi punya sisa makanan juga nantinya.

Jadi, kamu akan terhindar dari pembelian impulsif yang enggak perlu. Selain itu, kamu juga jadi lebih sedikit membuang-buang makanan dan bisa berbelanja dengan lebih cepat.
 

Lihat Diskon

“Kesalahan besar yang dilakukan orang adalah mereka berbelanja dengan autopilot,” kata Lauren.

Makanya, enggak ada salahnya untuk mengecek brosur penjualan dan barang-barang yang mendapat diskon. Begitu juga saat kamu melewati rak yang bertuliskan pengumuman potongan harga, segera cek detilnya. Kalau kamu membutuhkannya, kamu bisa pilih itu ketimbang produk lain yang enggak diskon.

"Jika salmon sedang diobral, kami makan salmon…  Saya merencanakan apa yang saya miliki di dapur dan apa yang sedang obral,” imbuh Lauren.
 

Beli dalam Jumlah Besar

Pernah perhatikan enggak sih, kalau produk dengan ukuran atau jumlah yang lebih besar harganya lebih murah atau enggak beda jauh dengan ukuran normal?

Hal itu bisa kamu manfaatkan dengan memilih barang yang jumlahnya lebih besar. Misalnya, kamu beli shampoo ukuran paling besar, kamu bisa lebih hemat untuk keperluan dua sampai tiga bulan kedepan.

Atau kamu belanja di tempat grosir, lebih baik untuk membelinya dalam jumlah banyak ketimbang satuan. Soalnya, prinsip barang grosiran yaitu semakin banyak jumlah barangnya, semakin murah harga satuannya.

Tetapi ingat, jika kamu ingin melakukan hal itu, pastikan produk atau barang tersebut adalah hal yang paling kamu butuhkan.