Trend Buat Logo Logam untuk Bangun Citra Perusahaan

Proses manual membuat bagian logo logam milik instansi Kepolisian di Nursih Basuki Art Studio, Kotagede, Yogyakarta

Proses manual membuat bagian logo logam milik instansi Kepolisian di Nursih Basuki Art Studio, Kotagede, Yogyakarta

Like

Membuka usaha di jaman sekarang memang serba mudah. Kemajauan teknologi informasi membuat siapa saja dengan mudah mengenalkan produknya secara global seketika.

Namun, dari masifnya usaha baru yang bermunculan, timbulah sebuah persaingan yang ketat. Pelaku usaha dituntut kreatif dan inovatif dalam menyajikan produknya. Karena dalam persaingan yang ketat tersebut perlu memperhatikan sebuah identitas, jati diri atau pembeda yakni logo usaha.

Logo akan menjadi representasi perusahaan untuk mudah di ingat kapanpun dan dimanapun. Logo sangatlah berperan penting dalam citra perusahaan.

Logo yang baik adalah logo yang mampu dikenali konsumen. Konsumen cukup melihat logo tersebut secara langsung dalam pikirannya akan terhubung dengan suatu perusahaan atau produk.

Saat ini yang menarik adalah membuat logo dari logam. Logo tersebut dipasang di gapura gedung, front office hingga ruang tamu khusus.


Telah kita ketahui bahwa logo yang terbuat dari logam memang sangatlah uni dan menciptakan daya tarik tersendiri. Dalam membuat logo pun juga bervariasi tergantung selera.

Namun menurut Nursih Basuki Art Studio, studio kriya logam asal Kotagede Yogyakarta yang sudah biasa membuat logo-logo organisasi dan lembaga dari logam. Setidaknya, dalam membuat logo logam dihadapkan memilih dua jenis logam, yakni kuningan atau tembaga.

Dibuat dengan keterampilan tangan/ tradisional menggunakan teknik ukir logam, juga akan menambah nilai seni yang estetik. Menurutnya, biasanya logam jenis kuningan adalah bahan yang cocok untuk membuat logo karena warna emasnya mengkilau bisa menjadi center point disebuah ruangan.

Alasan utama mengapa organisasi, lembaga dan perusahaan harus bikin logo terbuat dari logam, setidaknya ada dua hal yang menarik untuk diperhatikan:
 

1. Menarik Mata

Logo kuningan atau tembaga faktanya memang menarik mata. Warna ke-emasan pada kuningan dan ke-merahan pada tembaga memang memikat banyak orang dan jarang yang punya.

Dengan memberi sentuhan logo logam, bisa menambah daya tarik tersendiri, bisa menunjukan lebih professional dan menunjukan estetika tersendiri.
 

2. Trendi

Desain yang bagus jika dicetak dengan media lembaran plastik (banner) itu sudah biasa. Kini beberapa lembaga dan organisasi mulai sadar untuk melirik logo logam sebagai pilihannya, mulai dari pemerintahan hingga perusahaan sekarang mengikuti trend mebuat logo ke versi logam.

Misalnya, logo ukuran tinggi 90cm terbuat dari kuningan murni dengan finishing glossy. Jika dipasang di ruang tamu kantor akan berbeda cita rasanya, apalagi untuk background foto bersama para petinggi kantor.

Generasi Millenial sekarang lebih sensitif untuk melihat hal-hal unik disekitarnya, salah satunya warna yang unik.

Dalam membuat logo logam, jangan hanya tergiur harga murah tapi perhatikan kualitasnya. Tingkat ketegasan dan kedetailan logo logam yang harus menjadi indikator utama dalam memesan logo logam.

Jika susah membayangkan, kamu bisa lihat logo-logo logam milik studio Nursih Basuki Art Studio / @nbas_jogja sebagai referensi.

Pada Intinya Lambang atau logo oragnisasi, lembaga dan perusahaan yang menarik mata tentunya akan membuat orang dapat mengingatya dengan baik. Jika logo tersebut mudah untuk di ingat oleh konsumen, maka logo tersebut sukses mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Jadi, logo secara tidak langsung akan terus membangun citra perusahaan di mata publik.