Lagi Cari Kerja di Tengah Pandemi? Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Job - Canva

Job - Canva

Like

Bukan rahasia lagi, kalau selama pandemi ini, banyak yang kehilangan pekerjaan. Perusahaan pun terpaksa melakukan “perampingan” untuk menyelamatkan nasib usahanya.

Nah, hal itu bikin pengangguran juga menumpuk. Ditambah, saat krisis ekonomi seperti saat ini, banyak yang kesulitan mencari pekerjaan, termasuk mereka yang fresh graduate.

Apakah kamu salah satunya?

Menurut Ahli akuisisi talenta Philomena Joseph, dikutip dari Bisnis, ini yang bisa kamu lakukan selama mencari pekerjaan di tengah pandemi.
 

Rajin Lihat Portal Pencarian Kerja & Minta Bantuan Teman

Bagi Joseph, sangat penting untuk mendaftarkan diri Anda di beberapa portal pencarian kerja dan memeriksa pembaruan setiap hari.

Selain itu, enggak apa-apa lho untuk meminta bantuan. Jadi, kamu bisa hidupkan kembali persahabatan lama dan cari koneksi. Setiap hari, pastikan kamu melamar, setidaknya lima lowongan kerja.


"Percayalah pada diri sendiri, dan bersabarlah Berpikir itu mungkin tidak tampak begitu, para ahli mengatakan bahwa periode ini datang sebagai berkah bagi kandidat yang menganggur untuk bekerja pada keterampilan mereka,” ungkapnya.
 

Tambah Nilai Diri

Penting juga untuk kamu fokus pada hasil dan tambahkan nilai pada apa yang kamu lakukan.

Nah, menurut Dr Sangeetha Amarnath, pandemi telah menyebabkan kepanikan. Jadi, sangat penting bagi kita untuk merenungkan keterampilan yang dimiliki.
 

Cari Pekerjaan yang Diminati

Selanjutnya, yang nggak kalah penting, kamu harus cari pekerjaan yang diminati dan melihat seberapa baik kamu dapat membentuk diri.

Payal Nanjiyani, seorang pakar dan pembicara kepemimpinan, juga bilang kalau penting untuk menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang hebat.

“Yang terbaik adalah mulai berfokus pada nilai-nilai yang akan Anda bawa, sebagai lawan berbicara tentang apa yang Anda kuasai. Anda juga harus menguasai seni mengajukan pertanyaan besar, karena mereka membuka pintu ke segala macam kemungkinan," imbuhnya.

Selain itu, kamu harus lebih fleksibel dengan pilihan kamu nih. Bersikaplah terbuka untuk memperluas ambisi pengetahuan kamu selama mencari pekerjaan.