Skill Digital Marketing (Sumber gambar: Freepik.com)
Kurang dari dua bulan lagi, kita semua akan menyambut tahun baru 2026. Tahun di mana harapan dan doa yang baik diharapkan menjadi kenyataan.
Tentu saja, harapan dan doa tersebut dapat menjadi kenyataan apabila kita mendukungnya dengan aksi nyata yang sudah dipersiapkan matang.
Apabila tujuanmu di tahun 2026 adalah menjadi pebisnis sukses, maka kamu jelas perlu membekali diri dengan berbagai keterampilan baru yang berkualitas.
Mengandalkan keterampilan yang sudah ada, jelas tidak akan cukup untuk membantumu menghadapi berbagai tantangan bisnis terbaru di tahun 2026.
Apalagi di tahun 2026, penggunaan AI (Artificial Intelligence) untuk segala jenis bidang termasuk bisnis semakin masif dilakukan. Hal ini wajar mengingat AI dengan konsep otomatisasi mampu menjawab permintaan pasar yang cepat dan kompleks.
Baca Juga: Apakah Menjadi Blogger itu Masih Worth It?
Kondisi seperti ini jelas menjadikan tantangan pemasaran digital juga menjadi kompleks. Lantas, apa saja sih keterampilan baru yang harus kamu miliki atau tingkatkan di tahun 2026 nanti demi bisa mencapai tujuan menjadi pebisnis sukses?
5 Keterampilan Digital Marketing yang Wajib Ditingkatkan di Tahun 2026
Lima keterampilan atau skill digital marketing yang wajib untuk Anda miliki atau tingkatkan di tahun 2026. Penasaran apa saja? Simak baik-baik artikel ini ya!
1. Storytelling
Skill digital marketing pertama yang harus kamu miliki untuk dapat menghadapi tantangan bisnis di tahun 2026 adalah storytelling.
Storytelling sendiri adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan kemampuan pembuatan dan penyampaian narasi iklan dengan gaya bercerita yang menarik.
Kemampuan seperti ini penting dimiliki karena mampu meningkatkan sisi emosional pelanggan. Pelanggan menjadi lebih terikat dengan kampanye iklanmu.
Baca Juga: 5 Tips Mulai Ngonten dan Alasannya untuk Kreator Pemula
Storytelling di era digital marketing dapat dilakukan dengan melibatkan banyak elemen multimedia konten. Dimulai dari konten gambar, video, audio, animasi, dan tentu saja teks.
Tambahan, kemampuan storytelling yang baik dapat kamu manfaatkan untuk memenuhi elemen Experience pada algoritma ranking Google terbaru E-E-A-T. Ya, kemampuan ini penting untuk memperkuat kampanye SEO websitemu.
2. Analisis Data
Berikutnya adalah analisis data. Semakin cepat dan kompleksnya permintaan pasar dari bisnis tentu mengharuskanmu untuk lebih banyak terhubung dengan pelanggan.
Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mempelajari data-data terkait dengan pelanggan. Kamu harus dapat membaca dan menganalisis data pelanggan dengan baik. Hasil dari analisis ini akan memberikanmu gambaran buyer persona yang baik.
Ada banyak tools analisis data yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk analisis real-time, Google Search Console untuk analisis performa website, SEMrush untuk analisis kompleks, dan lain sebagainya.
Saran mimin, pilihlah tools analisis data yang benar-benar kamu kuasai atau familiar. Analisis data yang berkualitas, akan membantu kamu tentukan KPI dan tujuan pemasaran yang jelas.
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.