Like
4. Data Pada Perangkat Non Bisnis
Selanjutnya adalah data pada perangkat non-bisnis. Data ini pada umumnya melekat pada keseharian pemimpin bisnis atau karyawan. Anda sebagai pemimpin bisnis harus dengan senantiasa mengingat diri sendiri serta karyawan tentang penting menjaga keamanan data.Perusahaan harus dapat mengelola dan mengamankan penyimpanan informasi yang ada, meskipun yang bersifat tidak langsung.
5. Hardcopy
Jenis data bisnis selanjutnya adalah hardcopy. Sesuai dengan namanya, hardcopy adalah data yang berbentuk dokumen fisik.Data seperti ini rentan akan kerusakan, hilang, atau bahkan dicuri. Oleh sebab itu banyak perusahaan yang mulai beralih ke sistem data digital.
Meskipun demikian, pengelolaan hardcopy yang baik tetaplah diperlukan. Hardcopy dapat bertindak sebagai data cadangan apabila sistem data mengalami kegagalan.
6. Data Komunikasi Bisnis
Selanjutnya adalah data komunikasi bisnis. Percakapan Be-emers dengan pelanggan atau mitra bisnis harus dapat terekam dengan baik. Percakapan ini tentu saja tidak boleh dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang.Perlu diketahui juga bahwa terkadang data jenis ini dapat membantu strategi pemasaran kamu lebih kuat. Contohnya testimoni percakapan WhatsApp yang dijadikan sebagai social proof di landing page penawaran bisnis kamu.
7. Data Media Sosial
Data media sosial adalah salah satu jenis data populer yang digunakan oleh perusahaan untuk memahami bagaimana buyer persona terbaik mereka.Media sosial menjadikan perusahaan lebih mudah mendapatkan konsep pemasaran yang lebih terpersonalisasi dan tertarget pada audiens yang relevan. Selain itu, perusahaan juga harus dapat memastikan akun media sosial aman dari akses yang tidak berwenang.
8. Data Pemasaran
Terakhir, ada data pemasaran. Dapat dikatakan bahwa jenis data ini adalah induk dari data komunikasi bisnis dan data media sosial.Sesuai dengan namanya, data pemasaran adalah data yang berkaitan dengan segala jenis model pemasaran, baik itu yang bersifat digital atau juga non-digital.
Di sini, Be-emers akan mempelajari banyak metrik-metrik pemasaran populer, dimulai dari CPC, CPM, Impressions, ROI, dan lain sebagainya.
Baca Juga: Kenalan dengan Analisis SWOT dan Cara Menerapkannya untuk Bisnis!
Inilah penjelasan lengkap tentang jenis data umum untuk bisnis. Semoga penjelasan ini bermanfaat ya!
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.