Berani Coba Bikin Kopi Sendiri? Simak Cara Mudahnya!

sumber: my-best.id/56920

sumber: my-best.id/56920

Like

Minggu ini, Jakarta dan sekitarnya mulai kembali menerapkan PSBB. Di antara kamu mungkin ada yang kembali WFH (Work From Home). Kembali WFH, berarti kamu butuh aktivitas yang sekiranya bisa mengeksplorasi dirimu.

Kamu bisa mulai dari hal-hal yang kamu sukai. Bagi kamu yang senang menikmati kopi sembari bekerja, patut dicoba membuat kopi ala kamu.

Membuat kopi sendiri bisa menjadi sarana pelepas penat ketika tidak bisa ke mana-mana. Proses pembuatannya yang mudah, bahkan untuk kamu yang belum pernah mencoba membuat kopi sendiri, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba!

Sebenarnya jika kita mengingat kembali, tren membuat kopi sendiri pernah hadir ketika dalgona coffee marak dicoba oleh banyak orang. Selain dalgona coffee, ada cara membuat kopi yang mudah untuk diterapkan, bahkan untuk pemula, yaitu menyeduh kopi dengan alat drip atau biasa disebut dengan kopi drip.

Menyeduh kopi drip ternyata sangat mudah. Cara menyeduh kopi seperti ini biasa kita temukan pada tukang kopi keliling dan di café-café. Penyeduhan kopinya yang mudah dan cepat membuat cara menyeduh kopi dengan alat ini banyak dipilih.


Untuk dapat membuat kopi drip, bisa menyimak beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kopi tersebut.
 

Siapkan alat dan bahan

Alat yang dipakai untuk membuat kopi drip adalah alat yang biasa disebut dengan V60 dripper dan filter sebagai penampung dan penyaring bubuk kopi yang akan diseduh. Selain itu, siapkan juga teko untuk menanmpung air panas agar mudah dalam penuangan air dan juga bubuk kopi yang akan diseduh.
 

Gunakan bubuk kopi yang sesuai.

Bubuk kopi drip yang dipakai biasanya menggunakan kopi yang sudah dipanggang dan digiling. Kamu bisa memilih bubuk kopi drip yang sudah siap yang banyak dijual di supermarket atau secara online, baik produk luar maupun produk lokal, sesuai selera kamu.


Perhatikan suhu air.

Suhu air yang biasa digunakan untuk menyeduh kopi drip sekitar 80 hingga 95 derajat celcius, tergantung jenis kopi yang kamu pakai. Usahakan suhu air di antara rentang suhu tersebut agar rasa tidak rusak.
 

Perbandingan kopi dan air yang tepat.

Untuk perbandingan, ada yang menakar 1:15 hingga 1:20 (missal, untuk perbandingan 1:15 yaitu 8 gram kopi membutuhkan air panas sebanyak 120 ml). Takaran ini juga sesuai dengan jenis kopi dan selera kamu.
 

Perhatikan cara menuang air panas ke dalam filter.

Cara penuangan air juga harus diperhatikan. Tuangkan air panas secara perlahan hingga basah saja, jangan sampai mengambang. Kemudian tunggu hingga setidaknya 30 detik bru kemudian menuangkan air panas kembali.

Setelah sukses menyeduh kopi sendiri, kamu bebas kreasikan kopimu, mau hanya polosan saja atau ditambah susu maupun sirup sesuai dengan selera kamu.

Jika kamu berhasil atau mungkin memiliki pengalaman yang seru saat membuat kopi sendiri ketika di rumah, yuk share di kolom komentar!