Bukan Cuma Selebgram, Atlet Dunia Ini Juga Tajir Berkat Sponsor!

Atlet - Canva

Atlet - Canva

Like

Sponsor bisa jadi salah satu alternatif pendukung segala kegiatan kita, termasuk keuangan. Kata “sponsor” sekarang enggak cuma tertuju pada sebuah acara, kegiatan amal, hingga pertandingan.

Sekarang, kehidupan para public figure identik banget sama yang namanya sponsor. Para selebriti, baik di tv maupun Instagram (selebgram), tentunya enggak bisa dari berbagai produk yang mensponsorinya, alias endorsement!

Nah ternyata, enggak cuma para selebgram doang nih yang hidupnya tajir dari sponsor. Dikutip dari Bisnis, para atlet ini juga punya pemasukan yang besar dari sponsor lho!
 

Roger Federer – Dari Uniqlo Hingga Barilla (US$85 juta)

Federer tercatat sebagai atlet dengan raihan nilai sponsorship terbesar diantara banyak atlet. Kontrak kerja terakhir Federer adalah dengan Barilla. Kontrak itu berlaku lima tahun dengan kisaran total US$40 juta.

Pada Juli 2018, Federer juga menandatangani kontak 10 tahun dengan Uniqlo yang menawarkan secara total US$300 juta dalam 10 tahun. Kerjasama dengan Uniqlo ini telah menggantikan kerjasama jangka panjang Federer selama ini dengan Nike.

Petenis dunia itu juga tercatat punya kontrak kerja yang panjang dengan Wilson, Credit Suisse, Mercedes, Rolex, Lindt, Jura, Moet & Chandon, Sunrise, dan NetJets. Federer pun ikut berdonasi untuk penanggulangan Covid-19 sebesar 1 juta pounds.

 

Tiger Woods – Di-endorse Nike dan Moster Energy (US$54 juta)

Pegolf asal AS ini punya kontrak endorsement dengan Nike, TaylorMade, Bridgestone, dan Monster Energy. Dia juga tercatat punya kontrak dengan Hero MotorCorp, Kowa, Full Swing, dan Upper Deck.

Woods telah menghasilkan US$1,4 miliar selama dua dekade, yang mana hanya 10 persen berasal dari hadiah pertandingan golf. 
 

LeBron James – Kontrak Seumur Hidup sama Nike (US$53 juta)

Pemain basket ini adalah brand ambassador untuk Nike, juga Coca-cola, Beats by Dre, dan Kia Motor. Dia punya kontrak seumur hidup dengan Nike yang tercatat bisa mencapai US$1 miliar saat dia berusia 64 tahun kelak.

James diketahui juga ikut berbisnis dalam SpringHill Entertainment, ikut berinvestasi pada Blaze Pizza yang tersebar 300 franchise di Amerika Utara dan 4 di Timur Tengah. 
 

Cristiano Ronaldo – Endorser Herbalife (US$44 juta)

Pemain asal Portugal ini pernah menerima gaji sekitar US$109 juta saat bermain dalam klub Juventus di Italia.

Dia pun masuk dalam trio ‘Nike Billion Dolar Club’ bersama dua atlet lainnya LeBron James dan Michael Jordan. Cristiano Ronaldo juga tercatat menjadi endorser untuk Herbalife, EA Sports, dan Tag Heuer. 
 

Steph Curry – Berawan dari Under Armour (US$42 juta)

Steph Curry sebagai pemain NBA terbaik memang terbukti sangat mendorong penjualan jersey. Alhasil, Curry pun kini tercatat memiliki kontrak kerjasama yang besar dengan Under Armour sekitar US$20 juta.

Brand lain yang ikut mendorong Curry sebagai brand ambassador adalah e-commerce asal Jepang, Rakuten, lalu Nissan, JPMorgan, Chase, Brita, Verizon, dan Vivo Smartphones.