Mau Punya Hewan Peliharaan? Perhatikan Dulu Biayanya!

Pet - Canva

Pet - Canva

Like

Bagi sebagian orang, memelihara hewan peliharaan bukan hanya sekedar hobi. Saking sayangnya, bahkan hewan peliharaan kerap dianggap sebagai teman setia atau seperti bagian dari keluarga sendiri.

Dari mulai kucing, anjing, kelinci, hamster, ikan, hingga reptil, bisa kamu pilih sebagai hewan peliharaan yang asyik di rumah. Di sisi lain, dilansir dari laman Halodoc, hewan peliharaan juga punya manfaat untuk kesehatan mental kamu lho, Be-emers!

Dengan punya hewan peliharaan, kamu dapat mengurangi depresi, membantu diri jadi lebih bisa bersosialisasi, dan bisa mengurangi rasa kesepian. Selain itu, hewan peliharaan juga dapat membantu terapi untuk anak yang mengidap ADHD dan Autisme.

Nah, kalau kamu punya hewan peliharaan, tentu saja kamu juga perlu untuk memberikan perhatian dari segi perawatan hingga kesehatannya nih, Be-emers. Kalau enggak, bisa-bisa hewan peliharaan kamu malah stres hingga sakit, dan bisa berujung pada kematian!

Makanya, kamu pun juga perlu memperhatikan biaya dan kebutuhan apa saja sih untuk hewan peliharaan kamu.


Baca Juga: 10 Hewan Peliharaan Termahal di Dunia, Nomor 6 dan 9 Bikin Kamu Tercengang!
 

Biaya Makanan

Layaknya manusia, hewan peliharaan juga enggak bisa makan sembarangan. Selain makanan yang segar, biasanya, hewan peliharaan punya makanan khusus yang dijual di petshop.

Nah, harga makanan untuk hewan peliharaan itu berbeda-beda, tergantung brand, jenis, dan kualitas. Ada yang terbuat dari protein hewani (untuk kucing dan anjing), dan ada yang terbuat dari protein nabati (untuk hamster, ikan, dan sebagainya).

Jenisnya juga beragam, ada makanan basah (seperti kornet) dan makanan kering (pelet). Makanan tersebut bisa kamu pilih sesuai budget atau kecocokan dari hewan peliharaan kamu.

Misalnya, dikutip dari laman Bisnis, produk makanan kering dari Whiskas, misalnya Tuna ukuran 7 kg dikenakan harga sekitar Rp250 ribu. Sedangkan untuk produk basah Whiskas Sardines Calamari & Prawns dengan ukuran 400 gram, harganya sekitar Rp25.000 per kaleng.

Untuk kebutuhan sebulan, butuh sekitar 3-4 kaleng. Jadi, kamu butuh budget sekitar Rp100 ribu per bulan untuk persediaan makanan basah. Kalau untuk makanan kering dengan ukuran 7 kg, kamu bisa lebih hemat karena bisa untuk persediaan hingga 3 bulan untuk satu kucing.

Soalnya, ada beberapa hewan peliharaan yang enggak cocok sama jenis makanan tertentu yang dikeluarkan oleh salah satu brand. Hal itu bisa berupa kurang nafsu makan atau bahkan alergi.

Makanya, untuk pertama kali, jangan terlalu sering mengganti jenis atau brand makanan tertentu kepada hewan peliharaan. Selain itu, beli makanan dalam ukuran yang kecil terlebih dahulu, untuk mengetahui kecocokan dengan hewan peliharaan.

Hal itu dilakukan agar kamu juga enggak boncos kalau tiba-tiba makanan yang kamu beli ternyata enggak cocok sama hewan peliharaan kamu. Kalau perlu, kamu juga bisa konsultasikan dengan dokter hewan terkait makanan apa yang cocok untuk hewan peliharaan kamu.

Baca Juga: Lucu dan Bikin Gemes, Ini Peluang Cuan dari Hewan Peliharaan
 

Biaya Kandang/Akuarium

Hewan peliharaan juga butuh tempatnya sendiri. Meskipun, kadang, ada sejumlah orang yang memilih untuk melepas hewan peliharaannya di rumah, seperti anjing dan kucing.

Namun, dengan memiliki kandang, wadah, atau ruangan khusus untuk hewan peliharaan, kamu dapat memberikan ruang privasi kepada mereka. Ini juga bisa mempermudah kamu untuk melakukan perawatan jika hewan peliharaan kamu sedang sakit, stres ketika melihat orang banyak di rumah, dan sebagainya.

Biaya untuk kandang atau akuarium hewan peliharaan juga bervariasi nih. Semua tergantung kualitas dan ukuran.
 

Biaya Perawatan dan Kesehatan

Hewan peliharaan tentu mesti kamu jaga kesehatannya dong. Makanya, kamu juga perlu rajin membersihkan kandang/akuariumnya, memandikannya (untuk kucing dan anjing), hingga memberikan vitamin.

Belum lagi jika hewan peliharaan kamu sakit. Kamu perlu segera membawanya ke dokter hewan. Tentunya, hal ini cukup menguras dompet atau saldo rekening kamu.

Untuk biaya perawatan, harganya berkisar dari Rp30.000 hingga Rp300.000. Sedangkan untuk ke dokter hewan, biayanya berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari permasalahan kesehatannya.

Makanya, khusus untuk kamu yang punya hewan peliharaan, ada baiknya untuk menyiapkan budget khusus di anggaran keuangan kamu setiap bulannya. Kalau perlu, kamu juga bisa mengasuransikan hewan peliharaan kamu lho!