Berbagai Manfaat Lari Pagi untuk Produktivitas

Manfaat lari pagi (Sumber: Pixabay.com)

Manfaat lari pagi (Sumber: Pixabay.com)

Like

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas, salah satunya bangun pagi dan jogging. Sayangnya bagi sebagian orang, bangun lebih awal menurut masih menjadi momok yang sulit dilakukan.

Namun siapa sangka jika bangun lebih awal, membuat Anda memiliki waktu untuk sekedar berolahraga sederhana seperti jogging. Nyatanya lari pagi menurut Kompas.com bisa menjadikan kita awet muda dan menjaga daya tahan tubuh kita dan jantung kita.

Manfaat lari pagi juga bisa mencegah berbagai infeksi dalam tubuh, peredaran darah bisa lebih lancar. Berikut beberapa manfaat lari pagi untuk tingkatkan keinginan bangun pagi demi meningkatkan produktivitas. 


Berbagai Manfaat Rutin Lari Pagi Bagi Tingkat Produktivitas 


Terbiasa Sarapan Sebelum Beraktifitas, bagi mereka yang dihujam jadwal pekerjaan padat, sarapan adalah tahayul yang hanya bisa dilakukan bagi orang orang tertentu saja. Padahal sarapan mendatangkan segudang keuntungan bagi kesehatan tubuh, namun sayangnya masih sering disepelekan. 

Agar sempat menyantap makan pagi, Anda diwajibkan untuk bangun lebih awal. Ketika berhasil bangun pagi, pastikan untuk tidak terlena tidur kembali dan menggantinya dengan jogging sebentar. 


Berolahraga ringan saat udara masih segar, membuat tubuh merasa lebih segar dan siap menjalani berbagai aktifitas harian. Bahkan, usai melakukan olahraga ringan tersebut, tubuh otomatis mengirimkan sinyal untuk mengisi tenaga terlebih dahulu agar lebih bersemangat

Bayangkan, gimana jika hal ini dilakukan secara konsisten?

Secara perlahan Anda pun menyadari bahwa sarapan merupakan satu dari sekian manfaat lari pagi yang perlu dipertahankan. 


Menjadi Pribadi yang Lebih Produktif

Percayakah bahwa jogging dapat membantumu menjadi pribadi yang lebih produktif ? Manfaat ini didapatkan, karena sesi olahraga pagi mampu mendatangkan energi positif yang membuat tubuh terasa lebih bugar dan siap produktif seperti hari sebelumnya.

Kondisi tubuh yang segar secara otomatis membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, dibandingkan mereka yang melewatkan olahraga pagi. 

Baca juga: Produktif di Masa Pandemi? Ini Inovasi Bisnis Setelah Corona!


Lebih Menikmati Waktu Beristirahat di Malam Hari 

Gangguan sulit tidur bisa terjadi kepada siapa saja, baik  anak anak bahkan orang dewasa sekalipun. Walaupun mengetahui gejala sulit tidur, ternyata masih banyak yang tidak menyadari faktor utama mengapa dirinya menjadi sulit tidur bahkan ketika mata terasa berat sekalipun. 

Agar kondisi tersebut tidak semakin berlarut, sebaiknya gantilah gaya hidup lama Anda dengan sesi olahraga ringan di pagi hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, namun Anda hanya perlu jogging santai di pagi sebagai alternatifnya. 

Dengan melakukannya secara rutin, manfaat lari pagi pun perlahan namun pasti dirasakan oleh tubuh. Ketika melakukannya di pagi hari, tubuh secara otomatis lelah setelah seharian penuh melakukan aktifitas harian.

Rasa lelah ini lah yang membantu Anda untuk lebih cepat terlelap sekaligus tingkatkan kualitas tidur malam.


Mendisiplinkan Diri Sendiri 

Ketika terbiasa melakukan jogging di pagi hari, secara tidak langsung Anda telah menerapkan disiplin kepada diri sendiri. Sudah menjadi rutinitas harian, oleh karenanya Anda akan merasa aneh ketika tidak melewatkan aktifitas tersebut bahkan hanya dalam satu hari saja.

Selain mendisiplinkan diri sendiri, berolahraga pagi membantu Anda menerapkan gaya hidup sehat yang baik bagi kesehatan tubuh beberapa tahun kedepan. 


Munculkan Kebiasaan Baru 

Hanya dengan berlari di pagi hari secara rutin, disadari atau tidak kebiasaan keseharian ikut berubah seiring berjalannya waktu. Semakin rutin dilakukan, secara konsisten memunculkan kebiasaan baru yang sebelumnya disebutkan tidak mungkin dilakukan.

Kebiasaan baru yang Anda rasakan inilah, merupakan salah satu manfaat lari pagi. Alhasil tubuh pun terasa lebih segar saat terbangun di pagi hari, dan tubuh pun siap beristirahat ketika malam hari. 

Siapa yang tidak tertarik untuk hidup lebih sehat dan bisa menjalani hari lebih produktif ? Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian tersebut, termasuk menerapkan gaya hidup sehat dan menyeimbangkannya dengan lari di pagi hari.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika dilakukan secara rutin mulai dari terbiasa sarapan, memunculkan kebiasaan baru, hingga mendisiplinkan diri sendiri.  

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Kunci Kesuksesan Kamu