Prinsip Inilah yang Membuat Nursih Basuki Art Studio Tetap Bertahan

Kualitas kerajinan logam dilihat seberapa detailnya karya tersebut. (Sumber: Dok. pribadi)

Kualitas kerajinan logam dilihat seberapa detailnya karya tersebut. (Sumber: Dok. pribadi)

Like

Seorang pengrajin logam konvensional bertahan ditengah kemajuan jaman yang begitu pesat. Padahal, kemajuan teknologi bisa saja menggerus industri kreatifnya, yakni membuat kerajinan ukir logam.

Nursih Basuki Art Studio, sebuah studio kriya logam berpengalaman asal Kotagede Yogyakarta, tak henti-hentinya terus berkarya, memenuhi pesanan konsumennya. Pesanan kerajinan logamnya pun bervariasi, mulai dari logo tembaga dan kuningan, garuda pancasila tembaga dan kuningan, ornamen logam, kaligrafi logam dan kerajinan logam lainnya.

Mereka percaya, bahwa sudah berjalan puluhan tahun mestinya memiliki beberapa konsumen yang loyal mempercayai kualitasnya. Konsumen tersebut lah yang turut memesarkan nama Nursih Basuki Art Studio, menjadi sebuah nama studio seni khusus memproduksi kerajinan ukir tembaga dan kuningan berkualitas di Indonesia.

Nursih Basuki Art Studio bisa terus berkembang karena beragam tantangan, mulai pernah ditipu konsumen hingga kesalahan-kesalahan proses kreatifnya juga. Misalnya, ketika ditengah proses pengerjaan ternyata desain yang digarap tidak sesuai persepsi pengrajin, maka ganti lagi dengan yang baru.

Padahal, jika dihitung bahan baku berupa kuningan tidaklah murah. Per lembar 1x2 meter harganya diatas dua juta rupiah. Namun, semakin hari, kini mereka sudah belajar dari pengalaman dan mulai terbiasa membuat kerajinan berkualitas tinggi.


Tim pengrajin logam yang berada disanggar seni tersebut, tidak mau main-main membuat kerajinan ukir logam. Apa yang mereka buat layaknya karya seni bernilai sangat tinggi?

Sentuhan tangan pengrajin berpengalaman begitu kental, terlihat dari kurasinya. Jika kita sebagai orang awam, bisa menilainya lewat keindahan kerajinan logam yang begitu detil, tegas dan berkarakter walaupun hanya dibuat dengan tangan saja.

Para pengrajin pun juga tak sungkan untuk berbagi informasi ke konsumennya terkait pesanan kerajinan ukir logamnya. Ya, dialog itulah yang menjadi cirri khasnya.

Para pengrajin ingin setiap konsumen yang memesan ketika datang ke studio, bukan seperti ditempat asing. Sehingga, saat pemesan mengunjungi Nursih Basuki Art Studio bisa merasakan juga atmosfer proses kreatif disana.

Maka, jangan heran, jika pemesan setia studio tersebut betah untuk memesan kerajinan ukir logam disana.

Kini akibat pandemi, mereka harus membuka pemesanan online. Apalagi di zaman serba digital seperti saat ini. Melalui akun media sosial@nbas_jogja, mereka aktif memberikan informasi yang sangat menarik seputar kerajinan logam mereka, perkembangan dan aktivitas di studio hingga dokumentasi lainnya.

Nah, itu lah prinsip yang selama ini dilakukan oleh Nursih Basuki Art Studio. Membangun sebuah prinsip dalam usaha sangatlah penting, karena dapat meningkatkan value bisnis.