Begini Cara Memperlakukan Anggota Keluarga yang Bekerja di Perusahaan Kita

imd.org

imd.org

Membuka suatu bisnis merupakan impian sebagaian orang yang ingin dicapai. Saat ini banyak anak muda di Indonesia yang sudah menjadi entrepreneur untuk menghidupi dirinya dan orang disekitarnya.

Menjadi entrepreneur juga tidak semudah yang dibayangkan lho. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Mulai dari kegigihan, kesabaran, inovasi dan masih banyak lagi.

Tak jarang, sebagian orang yang  membuka usaha kesulitan pula dalam mencari orang untuk bekerja di perusahaan atau bisnisnya tersebut. Alih-alih sulit mencari pekerja untuk bisnisnya, jadi keluarga sendiri yang dipekerjakan untuk bisnis kalian.

Kira-kira kalau buka bisnis dan pekerjanya adalah dari anggota keluarga sendiri bisa gak ya? Hal apa aja yang mesti diperhatikan ya.

Ada hal yang perlu diperhatikan jika membuka bisnis dan keluarga ikut bekerja didalam bisnis kalian. Misalnya, pikirkan dengan cermat alasan kalian bekerja dengan keluarga, apakah kalian yakin bahwa mereka akan memberi nilai yang objektif terhadap bisnis kalian? Dan terpenting, apakah dapat menjaga hubungan professional dalam bisnis kalian?

Mempekerjakan anggota keluarga dalam bisnis kalian bukanlah keputusan yang mudah. Berikut tips membantu kalian agar berhasil merekrut dan bekerja dengan anggota keluarga kalian:

Tetapkan Ekspetasi yang Jelas
Untuk memulai hubungan kerja dengan anggota keluarga yang baik adalah denngan mengkomunikasikan dengan jelas apa yang kalian harapkan dari mereka terhadap bisnis kalian. Berikan arahan yang jelas perihal fungsi, tugas, dan tanggung jawab mereka di perusahaan kalian.

Perlakukan Mereka seperti Karyawan pada Umumnya
Memberlakukan keluarga dengan istimewa dalam bisnis kalian merupakan hal yang salah, karena akan timbuk ketidak profesionalan dalam bekerja.

Maka dari itu, perlakukan anggota keluarga seperti karyawan pada umumnya dengan memberlakukan gaji, tunjangan, dan perlakuan yang professional sebagaimana dalam pekerjaan.

Memenuhi Syarat untuk Bidang Pekerjaan yang ada di Bisnis Kalian
Jika kalian mempekerjakan anggota keluarga dalam bisnis kalian pastikan mereka memiliki kualifikasi dan pengalaman yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan oleh bisnis kalian. Serta pastikan kalian memiliki standarisasi atau syarat untuk para pekerja di bisnis kalian.

Miliki Planning Lain Jika Tidak Berhasil
Persiapkan jika usaha atau bisnis kalian mengalami ketidak stablian dan berujung pada pengurangan karyawan. Memutuskan kontrak kerja terhadap anggota keluarga bukanlah suatu yang mudah.

Kalian harus dapat mengkomunikasikannya dengan baik agar tetap dapat mempertahankan hubungan pribadi keluarga kalian. Maka dari itu, persiapkan rencana jika hal itu terjadi pada bisnis kalian.

Komnikasikan Harapan kalian untuk Hubungan Kalian di Tempat Kerja
Tetapkan batasan saat sedang berada ditempat kerja dan tetap bersikap professional. Komunikasikan dengan jelas kepada anggota keluarga bagaimana cara agar tetap berprilaku profesional walaupun mereka bekerja dalam usaha atau bisnis kalian.

Baca Juga: Siasat Jalani Warisan Bisnis Keluarga