Banyak Fungsinya, Bisnis Kemasan Kardus Bisa Jadi Cuan

Box - Canva

Box - Canva

Sudah pada tau dong, kalau kemasan plastik itu enggak bagus untuk lingkungan?

Nah, selain plastik, biasanya berbagai produk dikemas dengan kemasan berbahan kardus. Enggak cuma barang pecah belah, berbagai produk lain kayak pakaian, sepatu, hingga makanan pun bisa menggunakan kemasan kardus.

Kemasan kardus juga tentunya punya nilai lebih nih buat produk yang dijual, seperti:
  • Bisa melindungi produk
  • Memudahkan pengiriman
  • Lebih rapi
  • Terkesan unik, dan masih banyak lagi.

Banyaknya produk yang mulai menggunakan kardus sebagai kemasan, ternyata bisa kamu manfaatkan sebagai ladang cuan nih.

Dilansir dari laman Bisnis, ini dia kiat menjalani usaha kemasan kardus yang bisa kamu cermati.

Baca Juga: Kantong Plastik Dilarang, Bisnis dengan Kemasan Besek Bisa Jadi Solusi
 

Desain Kardus

Kini kardus juga didesain dengan berbagai macam bentuk yang keren-keren lho. jadi, kamu pun perlu untuk riset dan cukup punya skill dalam mendesain kemasan kardus tersebut.

Hal itu dialami sama salah satu pengusaha kemasan kardus bernama Rifky Kurniawan. Pria asal Yogyakarta itu menjalankan bisnis tersebut dengan kemampuannya mendesain.

Jadi, dia pun bisa menerima berbagai macam bentuk kemasan dan desain sablon kemasan kardus yang diinginkan konsumen deh. Soalnya, banyak kardus kemasan yang jarang diimbangi sama desain dan model yang kece.

Padahal, desain yang ada dalam kemasan kardus itu punya daya tarik tersendiri dan bisa kasihi nilai tambah pada produk yang dijual lho. Adapun, Rifky menjual dua macam kardus kemasan, antara lain dus karton serbaguna dan dus souvenir.
 

Pakai Pola B2B (Business to Business)

Untuk memasarkan produknya, ia menggunakan model Business to Business (B2B). Jadi, dia bakal bekerja sama dengan berbagai usaha, dari skala kecil dan menengah.

Jadi, hal itu bakal bikin pesanannya bisa lebih berkesinambungan. Pemilik usaha “Jual Kardus” itu pun juga terus mengembangkan usahanya dengan melakukan inovasi penggunaan bahan kardus, hingga pembuatan kemasan dalam model lain.

Selain itu, untuk menghadapi persaingan pasar, ia menyarankan agar memaksimalkan pelayanan. Adapun, Rifky juga diketahui menyediakan layanan tambahan berupa jasa pembuatan desain bagi UMKM yang belum punya desain atau logo untuk disablon dalam kemasannya nih.

Baca Juga: Punya Bisnis Online? Kenali Dulu Yuk Bentuk-bentuk e-Commerce