Penyebab Kamu Ketombean, Yuk Tampil Lebih Rapi!

Penyebab ketombean (Sumber: Pixabay.com)

Penyebab ketombean (Sumber: Pixabay.com)

Like

Penampilan jadi salah satu hal penting, terutama saat anda harus menghadiri pertemuan yang penting. Tidak hanya untuk perempuan, laki laki juga harus menjaga penampilan sebaik mungkin. Tidak terkecuali rambut yang seringkali diremehkan. 

Menurut, Bisnis.com disaat seperti ini hal yang perlu diperhatikan para profesional adalah bagaimana membangun personal brandingnya. Bicara personal branding, tentu first impression adalah hal yang sang penting. Jadi, bicara penampilan dari atas ke bawah sangat perlu kita perhatikan. 

Penampilan rambut ini juga sama pentingnya, terutama jika kamu menggunakan baju bernada gelap. Sering kali ketombe, menjadi satu hal yang membuat kamu kurang pede. Hindari ketombe parah dengan memahami beberapa penyebab fatalnya, yuk intip ulasan lengkapnya di bawah ini!


Pemilihan Sampo

Tahukah anda bahwa ketombe itu berasal dari bakteri dan jamur yang berlebih? Hal ini bisa disebabkan oleh pemilihan sampo yang kurang tepat. Efeknya, dapat memicu kulit kepala kering dan terkelupas karena minyak berlebih, sehingga jamur pun menjadi betah. 

Jamur ini memakan kelebihan minyak anda dan sel kulit mati di kepala. Selain sampo, kulit kepala yang kotor juga jadi pemicunya karena sel kulit mati akan menumpuk. Tumpukan ini dapat mengering dan bisa berjatuhan dalam bentuk serpihan berwarna putih.


Yeast Sensitivity dan Seborrheic Dematitis

Pertama, ada beberapa orang yang alergi terhadap cuaca yang dingin sehingga mengalami ketombe. Salah satu pemicu atau penyebab ketombe ini dikarenakan cuaca yang lembap. Implikasinya, pertumbuhan jamur di kulit kepala semakin meningkat.


Kedua, penyebab munculnya ketombe karena seborrheic dermatitis. Gejalanya, gatal dan iritasi di kulit kepala karena produksi minyak berlebih. Minyak berlebih ini bisa anda atasi dengan keramas secara rutin agar tidak menyebabkan ketombe berkerak.


Stres dan Malas Bersisir

Stres adalah salah satu penyakit yang memicu timbulnya berbagai penyakit lain, seperti ketombe. Oleh sebab itu, anda bisa mengatasinya dengan cara tidur cukup sekitar 8 jam dalam sehari. Dengan begitu, tubuh akan jauh lebih rileks dan bisa berpikir maksimal.

Tidak hanya stres, munculnya ketombe juga disebabkan oleh jarangnya menyisir rambut. Menyisir rambut tidak hanya membuatnya rapi, tetapi juga membersihkan rambut dari kotoran dan kulit kepala yang kering. Hal ini jadi cara efektif untuk menghilangkan ketombe.


Malassezia

Jamur terkadang jadi organisme yang bermanfaat untuk manusia. Akan tetapi, jamur di kepala ini menyebabkan ketombe berkerak karena memicu produksi minyak berlebihan. Penyebab ketombe satu ini harus segera diatasi dengan cara yang ampuh. 

Anda bisa mengatasinya dengan keramas secara teratur. Perhatikan pula pemilihan sampo yang tepat agar tidak memicu produksi ketombe semakin banyak. Memilih sampo anti ketombe jadi cara efektif karena dapat mengendalikan populasi jamur.


Pola Makan

Tubuh manusia adalah sistem yang dapat dikelola dengan baik, sehingga keseimbangan di dalamnya terjaga. Anda dapat memulainya dengan menjaga pola makan teratur dengan bahan makanan yang sehat. Dengan begitu, kesehatan rambut dan kulit kepala terjaga.

Perbanyak buah dan sayur dalam setiap asupan makan agar asupan tubuh selalu terpenuhi. Selain itu, cara ini juga bisa dijadikan sebagai tips untuk merawat rambut rontok. Implikasi lainnya, ketombe parah pun dapat diatasi secara otomatis.


Jarang Keramas atau Terlalu Sering Keramas

Setiap hal yang berlebihan memang tidak baik dan tidak dianjurkan. Hal ini berlaku untuk waktu yang tepat untuk keramas karena dapat memicu ketombe. Saat anda jarang keramas, maka rambut akan kotor sehingga tumpukan sel kulit mati semakin banyak.

Begitu pula saat anda terlalu sering keramas, penyebab ketombe satu ini karena hilangnya minyak alami rambut. Selain memicu ketombe, minyak alami rambut yang hilang juga bisa menyebabkan kulit kepala kering dan iritasi.

Menjaga penampilan jadi salah satu poin penting bagi manusia, salah satunya rambut. Oleh sebab itu, hindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu ketombe. Serpihan sel kulit mati berwarna putih ini bisa diatasi dengan rajin keramas dan pilih sampo yang tepat. 

Gimana teman-teman? Yuk, mulai berbenah diri dan penampilan. Mumpung masih WFH, jangan terlalu lama larut dalam pikiran stres karena keadaan. Yuk, bangkit dan baharui diri! 

Simak juga: Cara Agar Tidak Mengantuk saat Work From Home!