Cara Agar Tidak Mengantuk saat Work From Home!

Cara agar tidak mengantuk (Sumber: Pixabay.com)

Cara agar tidak mengantuk (Sumber: Pixabay.com)

Like

Rasa kantuk sering kali jadi penghalang kamu saat harus beraktivitas, terutama belajar atau bekerja. Berbagai hal bisa terbengkalai karena rasa yang tidak bisa dihilangkan dalam sekejap mata, sehingga rencana dalam sehari pun banyak yang harus diubah.

Setiap orang memiliki tips jitunya masing masing sebagai cara agar tidak mengantuk saat belajar. Akan tetapi, secara garis besar ada enam cara yang bisa kamu pakai agar rasa kantuk bisa hilang. Eits, ingat, tidak dengan asupan kafein yang berlebih!

Hati-hati menurut Bisnis.com konsumsi kafein terlalu banyak ternyata justru memberi efek kelelahan yang berlebihan. Sebetulnya, masih ada cara agar tidak mengantuk yang bisa kamu lakukan. Yuk, baca sampai habis, yah! 


Mendengarkan Musik

Cara pertama ini dinilai sangat ampuh untuk atasi rasa kantuk yang menyerang di saat saat genting. kamu bisa mendengarkan musik di tengah kesibukan, agar kembali bersemangat dan fokus. Dengan begitu, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan secara maksimal.

Genre lagu yang dipilih bisa disesuaikan dengan favorit kamu, tetapi pastikan memilih lagu up beat atau energik agar bisa menambah rasa semangat saat bekerja atau belajar. Bila berada di tempat umum, kamu bisa memakai earphone agar tidak mengganggu orang lain.


Peregangan Kecil

Salah satu penyebab tubuh diserang rasa kantuk karena kurang bergerak dan duduk dalam waktu lama. Oleh sebab itu, cara agar tidak mengantuk ini bisa diatasi dengan melakukan peregangan kecil selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.


Peregangan yang dilakukan bisa mulai kepala hingga kaki, agar seluruh otot tubuh relax. Setelah tubuh merasa relax, kamu bisa melanjutkan aktivitas yang sempat terhenti dengan lancar karena mata tidak lagi mengantuk.


Minum Kopi

Sudah bukan rahasia, bila kafein ampuh usir rasa kantuk agar kamu bisa lagi bekerja. Siang atau sore hari jadi jam rawan ingin tidur karena tubuh yang lelah atau konsentrasi telah menurun. Itulah waktu yang tepat untuk menyesap secangkir kopi.

Secangkir kopi bisa jadi teman kamu saat belajar atau bekerja agar tidak diserang rasa kantuk. Akan tetapi, segala hal yang berlebihan itu tidak baik sehingga konsumsi kopi harus dalam batas wajah untuk menjaga kesehatan. Ingat ya, tidak berlebihan karena bisa buat kamu kelelahan. 


Pencahayaan yang Lebih Terang

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda beda, sehingga harus disesuaikan dengan gaya kamu. Salah satunya pencahayaan yang dipakai saat belajar karena berpengaruh cukup besar pada rasa nyaman atau serangan rasa kantuk.

Cara agar tidak mengantuk saat belajar ini hindari tempat dengan pencahayaan yang redup. Cahaya yang terang membuat kamu lebih bersemangat dan fokus saat beraktivitas. Oleh sebab itu, segeralah pindah dari tempat yang kurang cahaya.


Pilih Waktu Belajar yang Tepat

Waktu fokus yang dimiliki setiap orang juga sangat berbeda, baik pagi, sore, maupun malam. Oleh sebab itu, kamu tidak bisa menyamakan waktu terbaik untuk belajar dengan orang lain. Pastikan kamu telah menyusun jadwal secara pribadi untuk belajar mandiri.

Setiap orang harus mengenali karakternya masing masing, sehingga proses belajarnya jauh lebih optimal. kamu bisa menyerap ilmu yang sedang digeluti dengan baik dan tidak membuang waktu secara percuma.


Jangan Duduk Bersandar

Hindari duduk bersandar ke benda lain dengan posisi tubuh yang tidak tegak. Posisi yang tegak menandakan tubuh siap untuk menyerap ilmu ilmu baru, sehingga bisa membuat kamu lebih fokus saat belajar atau bekerja.

Siapkan meja atau spot khusus untuk belajar agar tidak belajar di tempat tidur. Alih alih belajar, kamu justru akan malas dan rasa kantuk pun datang. Cara agar tidak mengantuk ini dinilai cukup efektif agar tubuh tidak tertidur saat belajar.

Belajar dapat dilakukan secara mandiri agar lebih banyak ilmu yang diserap. Akan tetapi, sering kali merasa kantuk di tengah tengah prosesnya. Terdapat enam cara yang bisa kamu terapkan agar proses kerja maupun belajar lebih efektif dan efisien.

Selamat mencoba semoga kamu semakin produktif, yah! Baca juga berbagai artikel yang ada di Bisnis Muda, supaya wawasan dan pengetahuan bisnis semakin berkembang. 

Simak juga: Heboh Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III/2020 Minus, Yuk Kenali Dulu Apa Itu Resesi