Alami Stres? Obati lewat Tidur yang Berkualitas

sumber: freepik.com

sumber: freepik.com

Like

Tidur menjadi salah satu kebutuhan manusia yang paling pokok. Setelah melakukan berbagai aktivitas, tentu kita membutuhkan istirahat, dan yang paling efektif adalah dengan tidur.

Selain karena kebutuhan, tidur juga menjadi hal yang paling penting untuk kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. karena itulah butuh tidur yang berkualitas.

Akan tetapi, banyak orang yang mengeluhkan dirinya mengalami kesulitan untuk tidur secara berkualitas. Banyak faktor yang membuat seseorang sulit mendapatkan tidur berkualitas salah satunya adalah karena setres,

Faktor setres menjadi pemicu utama berkurangnya kualitas tidur. Seperti yang dilansir oleh The Star yang di kutip oleh Bisnis.com, sebesar 52 persen pengaruh setres pada kualitas tidur manusia. Hal ini tentu penting menjadi perhatian kita bersama.

Mengingat juga dengan situasi yang sedang kita alami akhir-akhir ini, perlu adanya solusi untuk dapat menghindari diri dari setres agar tubuh bisa selalu tetap terjaga kesehatannya. Obat yang paling tepat dan termudah bisa dengan memiliki tidur berkualitas dengan posisi yang baik.


Mengutip dari Klikdokter.com, selain dengan waktu tidur yang cukup, posisi tidur yang baik menjadi faktor utama memengaruhi kualitas tidur. Ada berbagai posisi tidur yang tentu memiliki pengaruh berbeda sesuai dengan kondisi kesehatan seseorang.
 

Tidur telentang.

Tidur secara telentang membuat badan bagian kepala, leher, dan tulang belakang dalam posisi netral sehingga dapat menghindari dari keluhan nyeri atau pegal-pegal.

Akan tetapi, tidur telentang tidak disarankan bagi orang yang suka mendengkur karena napas menjadi tidak optimal.
 

Tidur menghadap ke samping.

Tidur dengan menghadap ke samping cocok bagi orang yang suka mendengkur karena dapat membuka jalan napas secara baik. Selain itu, tidur posisi ini juga dapat meredakan nyeri punggung bagian bawah dan memperlancar aliran darah ke jantung.

Namun, terkadang posisi ini menimbulkan rasa baal dan kesemutan bagi bagian yang tertindih sehingga disarankan untuk tidak terlalu menekuk lutut.
 

Tidur meringkuk.

Posisi ini bermanfaat bagi ibu hamil karena mampu memperlancar sirkulasi darah ke bayi an juga bagus untuk orang yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Posisi ini tidak disarankan untuk orang yang mengalami radang sendi karena bisa menambahkan rasa nyeri.
 

Tidur tengkurap.

Posisi ini direkomendasikan bagi orang yang suka mendengkur sulit untuk bisa memosisikan tidur menyamping.

Namun, tentu posisi ini bisa berakibat pada nyeri di daerah leher karena berputar hampir 90 derajat.
 

Tidur posisi bintang laut.

Posisi ini baik untuk penderita GERD atau dyspepsia. Akan tetapi posisi ini tidak disarankan bagi penderita obstructive sleep apnea (OSA).
 

Tidur dengan lengan di atas.

Posisi ini disarankan bagi orang yang memiliki masalah punggung dan masalah kulit, seperti jerawat dan keriput.

Akan tetapi, posisi ini dapat membuat orang menjadi mudah mendengkur dan mudah menaikkan asam lambung. Bahu juga menjadi mudah pegal karena tertekan.

Dari beberapa rekomendasi posisi tidur yang baik, bisa coba diterapkan sesuai dengan kesehatan badan masing-masing. Dengan posisi yang baik dan sesuai, kamu bisa mendapatkan dua manfaat, yaitu tidur berkualitas dan tubuh yang semakin sehat.