Bisnis Madu Enggak Harus Jadi Peternak? Begini Caranya

Honey - Canva

Honey - Canva

Like

Kamu suka minum madu enggak nih, Be-emers?

Madu dikenal punya banyak khasiat yang bagus banget untuk tubuh kita lho, Be-emers. Dilansir dari laman Alodokter, pemanis alami ini diketahui punya manfaat untuk meningkatkan stamina, meringankan asma, menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes, dan hingga penyembuh luka lho!

Enggak heran, madu kerap diburu. Apalagi di masa pandemi Covid-19, dimana penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh. Di sisi lain, harga madu murni cenderung agak lebih mahal.

Makanya, menjual madu bisa jadi peluang cuan yang manis nih!

Selain itu, menjual madu enggak harus jadi peternak kok. Begini alternatif cuan dari madu yang bisa kamu coba.


Baca Juga: Peluang Bisnis Jamu Tradisional, Patut Banget Dicoba!
 

Jadi Reseller Produk Madu

Buat kamu yang mungkin minim budget tapi mau coba menjalani bisnis madu, kamu bisa coba untuk jadi reseller. Dilansir dari laman Bisnis, salah satu distributor madu asal Yogyakarta, yakni Tokomadu.com, diketahui menawarkan peluang ini.

Sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi reseller madu, yaitu pastinya kamu dapat harga madu yang lebih murah dibanding harga eceran. Selain itu, kamu juga bisa dapat promo gratis lewat laman resmi mereka, brosur, serta desain spanduknya.

Nah, model bisni reseller juga lebih minim risiko karena pihak distributor bakal kasih garansi refund jika produknya enggak laku dijual. Meski begitu, kamu perlu memberitahu pihak distributor terlebih dahulu, menyertakan nota pembelian asli, dan pastikan produk dalam kondisi baik.

Jika kamu ingin menjadi reseller di distributor madu lain, sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu ketentuan yang berlaku ya! Pastikan juga kualitas produk yang dijual distributor memang memiliki kualitas terbaik.
 

Repackage Produk Madu

Opsi lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan repackage atau mengemas ulang kemasan madu ke berbagai ukuran dan wadah untuk dijual kembali.

Misalnya, kamu membeli madu dengan ukuran literan atau curah dari tengkulak atau koperasi madu di suatu daerah, Nah, madu yang kamu beli tersebut bisa kamu kemas ulang untuk dijual kembali lho.

Bahkan, kamu bisa membangun branding dengan menghias kemasan madu, atau membuat kemasan madu dari bahan unik seperti botol yang terbuat dari bambu, toples, dalam kemasan sachet, dan sebagainya.

Baca Juga: Peluang Transformasi Jamu Jadi Minuman Kekinian