Intip Nurflix, Netflix Halal dari Negeri Jiran

sumber: instagram.com/nurflix.tv

sumber: instagram.com/nurflix.tv

Like

Platform video streaming sedang banyak digandrungi oleh masyarakat. Apalagi semenjak pandemi, perminatnya semakin banyak. Salah satu platform video streaming yang paling diminati, Netflix, menunjukkan keeksisannya yang semakin kuat akhir-akhir ini.

Melihat banyaknya permintaan dan peluang yang bsesar dalam platform video streaming, hal ini memicu banyaknya berbagai platform baru yang bermunculan dengan berbagai inovasi yang ditawarkan. Salah satunya adalah Nurflix.

Mungkin beberapa dari kamu ada yang asing dengan Nurflix? Kurang lebih Nurflix mirip dengan Netflix, tapi dengan konten yang berbeda, yaitu mengedepankan konten-konten Islam.

Mengutip dari Bisnis.com, platform ini memang baru dirilis di Malaysia pada Juli 2020. Walaupun baru dirilis, pelanggannya telah mencapai lebih dari 10.000.

Pencetusan Nurflix memang digarap tidak main-main. Pendirinya, Syah Rizal Mohamed, mengungkapkan bahwa perlu menghabiskan US$9,7 di awal.


Nurflix berisi berbagai konten asli yang pastinya halal dari berbagai kategori, seperti mainstream, pendidikan, spiritual, motivasi, dan anak-anak.

Target awal Nurflix akan menghasilkan 1.000 konten asli dengan sekitar 12.000 episode dalam 5 tahun pertama.

Nurflix juga berencana untuk mendapatkan lebih banyak konten dari lokal maupun internasional selama masih sesuai.

Untuk sementara, Nurflix masih fokus pada pasar Malaysia, Brunei, dan Singapura hingga nantinya akan bersiap di kancah internasional.

Kehadiran Nurflix didorong oleh pertumbuhan pesat dalam dunia platform video streaming yang mana banyak diminati oleh konsumen sebagai salah satu hiburan alternatif mereka.

Selain untuk hiburan, platform ini juga dapat memperkaya nilai-nilai keislaman yang tentunya menjadi konsep menarik bagi para masyarakat negeri jiran yang mayoritas merupakan Muslim. Belum banyaknya hiburan Islam juga menjadi peluang baik dalam mengembangkan Nurflix ke depannya.

Kehadiran Nurflix juga diharapkan dapat medorong produktivitas berbagai produser dalam membuat konten seperti film maupun drama bernuansa Islam.

Untuk dapat mengawasi berbagai konten yang akan masuk nantinya, Nurflix berencana akan membentuk Dewan Penasihat Konten. Tujuannya agar dapat terus memantau berbagai konten yang sesuai dengan panduan Syariah.

Platform video streaming dengan konten berisi nilai keagamaan seperti ini sebenarnya sudah ada di Amerika, yaitu Pure Flix. Bedanya, platform ini berfokus pada konten yang berisi nilai-nilai agama Kristen dengan target konsumennya umat Kristen konservatif di negaranya.