Yakin Cara Kamu Pakai Masker Sudah Benar? Ini Kesalahan yang Sering Terjadi

Mask - Canva

Mask - Canva

Like

Penggunaan masker di tengah pandemi Covid-19 memang sudah menjadi suatu kewajiban nih, Be-emers. Bukan tanpa sebab, hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus ini secara langsung.

Namun, ternyata masih banyak yang belum peduli juga nih sama pentingnya menggunakan masker. Padahal, sejumlah daerah sudah menetapkan aturan dan sanksi bagi warganya yang enggak taat menggunakan masker lho!

Enggak cuma itu, masih ada juga yang menggunakan masker, tapi enggak sadar kalau caranya itu salah. Alhasil, masker yang harusnya bisa melindungi, jadi sia-sia deh.

Dikutip dari laman Bisnis, ini sejumlah cara yang salah saat kamu menggunakan masker. Hindari hal-hal ini ya!

Baca Juga: Masker Kain Bakal Ada SNI, Seperti Apa Kriterianya?


 

Masker Enggak Menutupi Hidung & Mulut

Salah satu kesalahan paling umum nih yang dilakukan banyak orang. Nah, sebenarnya ada dua masalah yang menyebabkan hal ini:
  • Soalnya, pengguna masker enggak memasang dengan benar sebagaimana mestinya
  • Posisi masker turun tanpa sengaja.

Wah, hal ini tentu berisiko untuk membuat kamu tertular segala jenis infeksi dan bakteri. Masker yang baik, tentunya harus selalu menutupi batang hidung dan mulut kamu dengan baik juga ya!
 

Memakai Terbalik atau Salah Posisi

Untuk kamu yang pakai masker medis, coba deh perhatikan dengan cermat posisi masker kamu. Soalnya, masker tersebut punya posisi khusus untuk hidung, yakni bagian berkabel di tengah masker medis.

Nah, kabel yang ada di tengah tersebut sebaiknya ditekan dengan kuat, sehingga menyesuaikan hidung kamu. Masker wajah akan mempertahankan bentuknya, bahkan setelah Anda melepasnya lho!

Selain itu, pastikan juga kalau kamu menempatkan dengan benar posisi luar dan dalam masker medis. Sedangkan untuk kamu yang pakai masker kain, usahakan untuk enggak membolak-balik penggunaan sisi-sisinya.

Soalnya, sisi luar masker mungkin bisa terkontaminasi. Jadi, saat kamu memakainya dari dalam ke luar, kamu pun bisa bersentuhan dengan semua patogen yang terakumulasi di sisi luarnya.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum, Kalau Maskermu Baik atau Tidak? Yuk, Kenali Jenisnya!
 

Menyentuh Masker Sembarangan!

Ingat ya, kamu harus menghindari sentuhan langsung permukaan luar masker! Soalnya sisi luar masker tersebut sudah terkontaminasi.

Kalau kamu mau membetulkan posisi maskernya, lebih baik tarik tali maskernya. Setelah itu, bersihkan kembali tangan kamu setelah membetulkan masker, agar tangan kamu kembali terhindar dari virus dan bakteri.
 

Menggunakan Kembali Masker Wajah yang Kotor atau Basah

Masker yang digunakan seharian tentunya sudah banyak terkontaminasi bakteri atau bahkan virus yang menempel. Makanya, jangan pernah pakai masker yang sudah kotor, atau bahkan basah ya!

Kalau kamu pakai masker medis, sebaiknya langsung buang di tempat sampah tertutup. Sedangkan kalau pakai masker kain, usahakan untuk mencucinya dengan air hangat dan deterjen hingga bersih dan keringkan di bawah sinar matahari.