Bikin Usaha Baru Enggak Harus Resign Kok, Begini Tipsnya

Entrepreneur - Freepik

Entrepreneur - Freepik

Like

Ketika menjadi seorang karyawan atau pegawai, kadang rasa bosan itu enggak bisa dipungkiri lho. Buat kamu yang punya jiwa “petualang” atau suka tantangan, terjebak dalam rutinitas tentu saja jadi hal yang menyebalkan.

Menjalani bisnis adalah salah satu kegiatan yang bisa dipilih para pegawai kantoran yang ingin punya rutinitas baru dan pemasukan tambahan. Selain menambah pundi-pundi cuan, menjalani bisnis juga bisa mengasah kreativitas dan jadi cadangan pemasukan untuk beberapa waktu ke depan.

Namun, kamu sanggup enggak menjalani keduanya, Be-emers?

Masalahnya, dua hal ini bakal banyak menyita waktu kamu. Kalau kamu enggak bisa mengatur waktu dengan baik, bisa-bisa keduanya malah berantakan.

Lalu, haruskah kamu resign untuk fokus berbisnis?


Ternyata, kamu enggak perlu sampai keluar dari pekerjaan kamu di kantor kok, Be-emers. Dilansir dari laman Bisnis, ini tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa cuan berbisnis sambil bekerja kantoran.

Baca Juga: Mengenal Hybrid-Entrepreneur, Ini Risiko yang Perlu Kamu Waspadai
 

Lebih Disiplin dan Bikin Rencana Harian

Konsekuensi untuk menjalani bisnis sambil bekerja kantoran adalah kamu harus jauh lebih disiplin dari biasanya. Makanya, kamu juga butuh untuk membuat rencana yang disusun setiap hari.

Sebelum memulai aktivitas, kamu bisa mencatat apa saja pekerjaan, tanggung jawab, hingga deadline pekerjaan yang harus diselesaikan. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek kebutuhan bisnis kamu ya.

Kamu pun harus bisa menentukan prioritas nih, Be-emers. Jangan sampai, ketika ada deadline pekerjaan di kantor, kamu malah asyik berjualan.

Kamu bisa mengatur prioritas kamu dengan skala 60:40 atau 70:30 untuk pekerjaan dan bisnis yang kamu jalani. Ingat, jangan pernah merasa sanggup untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu ya!

Intinya, kamu harus bisa melakukan pekerjaan di kantor dengan sebaik mungkin. Selanjutnya, kamu bisa memaksimalkan waktu luang untuk mengerjakan urusan bisnis.
 

Kelola Keuangan dengan Bijak

Tantangan selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus punya manajemen keuangan yang bijak dan baik. Artinya, kamu harus memisahkan penghasilan dari pekerjaan di kantor dengan penghasilan dari bisnis yang kamu jalani.

Di sisi lain, hal ini bisa jadi estimasi untuk mengukur apakah yang sudah dikerjakan sebanding dengan penghasilan yang didapat. Keuangan yang baik juga akan membantu kamu untuk membuat bisnis tersebut berjalan secara optimal.