Cara Aman Hadiri Pesta Pernikahan

Ilustrasi orang menikah (Sumber: Wisegeek)

Ilustrasi orang menikah (Sumber: Wisegeek)

Like

Sudah hampir satu tahun pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Banyak rencana atau planning dari banyak orang yang akhirnya harus ditunda untuk waktu yang tidak bias ditentukan. Salah satunya pesta pernikahan.

Ya, pesta pernikahan sejak Covid-19 muncul di Indonesia mulai dilarang. Hal tersebut dilakukan agar menghindari kerumunan masa di pesta pernikahan tersebut yang akhirnya akan bermunculan klaster-klaster baru Covid-19.

Namun, tak banyak orang pula yang dapat mematuhi aturan tersebut terlebih jika semua alat dan tempat sewa tak bisa lagi ditunda atau diundur. Alhasil, kini pesta pernikahan mulai banyak yang berlangsung walaupun ditengah pandemi Covid-19. Lalu bagaimana jika kalian diundang untuk menghadiri pesta pernikahan tersebut?. Nah, berikut hal yang harus diperhatikan jika kalian menghadiri suatu pesta pernikahan orang lain :

1. Selalu jaga jarak minimal 1 meter dan selalu gunakan masker.
2. Ketika bersin, tutup mulut menggunakan tisu atau siku yang tertekuk agar tidak menyebarkan droplet kepada orang lain.
3. Hindari menyentuh mata, hidung  dan mulut.
4. Sering-seringlah mencuci tangan menggunakan sabun atau dengan hand sanitizer.

5. Jika kalian merasa tidak enak badan, sebaiknya janan menghadiri acara tersebut.

Tak hanya tamu yang wajib mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan, sebagai yang punya hajat juga harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti :

1. Sebelum acara dimulai ada baiknya tetap mengingatkan atau mengimbau bagi para tamu agar tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada dengan menjaga jarak dan tetap menggunakan masker.
2. Pilih tempat diluar ruangan agar sirkulasi udara tidak sulit. Jika mengharuskan tetap di dalam ruangan, sebaiknya harus memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang baik.
3. Batasi orang yang ingin menghadiri pesta pernikahan kalian untuk mencegah bertumpuk atau berkerumunnya orang-orang.
4. Minimalkan kerumunan dengan memberikan nomor antrean, menentukan kursi atau meja dan menandai lantai agar tetap menjaga jarak.
5. Sediakan minimal hand sanitizer tepat di pintu masuk tamu serta gunakan termo gun untuk cek suhu tubuh para tamu undangan.