Begini Cara Cegah Penularan Covid-19 saat Belanja di Supermarket

Supermarket - Canva

Supermarket - Canva

Mungkin selama pandemi ini, di antara kita masih bisa menahan untuk enggak jalan-jalan ke mal atau liburan ke pantai. Namun, kamu pasti akan tetap butuh pergi ke luar rumah untuk belanja ke toko bahan makanan atau supermarket kan?

Namun, berbelanja ke supermarket juga bisa berisiko menularkan Covid-19 nih, Be-emers. Apalagi, kalau kamu enggak menerapkan protokol kesehatan yang benar.

Duh, jadi ngeri juga ya kalau mau belanja.

Eit, tenang dulu. Dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah tips yang bisa kamu ikuti untuk mencegah penularan virus Covid-19  di supermarket nih. Berikut tipsnya:

1.Pergilah ke toko bahan makanan  di luar jam sibuk, biasanya ketika mereka baru buka.

2. Pesan bahan makanan kamu secara online dan minta agar dikirim dan gunakan pesanan sebelumnya dan layanan drive-up.

3. Jika kamu pergi ke toko, seka keranjang belanja kamu dengan tisu desinfektan.

4. Hindari lorong yang padat.

5.Jika kamu bisa, tinggalkan anak-anak di rumah untuk membatasi jumlah orang di toko.

6. Setelah kamu sampai di rumah, segera cuci tangan kamu ya!


Selain itu, ada juga beberapa hal terkait protokol kesehatan yang bisa kamu lakukan saat berada di supermarket dan setelah pulang, antara lain:
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  • Tetap di rumah dari pekerjaan jika kamu memiliki gejala seperti pilek sampai setidaknya 24 jam berlalu tanpa gejala, termasuk demam (38 derajat atau lebih).
  • Tutupi hidung dan mulut kamu dengan tisu saat batuk atau bersin dan buang tisu tersebut setelah kamu menggunakannya. Jika kamu enggak punya tisu, bersinlah ke siku kamu, bukan ke tangan.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut kamu dengan tangan yang enggak dicuci. Soalnya, kuman menyebar dengan cara ini.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air, termasuk setelah batuk atau bersin. Waktu yang disarankan adalah setidaknya 20 detik. Jika sabun dan air enggak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol dengan setidaknya 60 persen alkohol.
  • Bersihkan dan disinfeksi semua permukaan dengan sentuhan tinggi setiap hari. Permukaan dengan sentuhan tinggi termasuk counter, meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, tablet, dan meja samping tempat tidur.

Sudah siap belanja ke supermarket? Jangan lupa juga untuk membuat daftar belanjaan ya biar enggak boros!

Baca Juga: Biar Enggak Boros, Begini Tips Belanja di Supermarket