Apple Resmi Rilis iPhone 12 Tanpa Charger & Airpods, Kenapa Ya?

iPhone - Canva

iPhone - Canva

Like

Wah, iPhone 12 akhirnya resmi dirilis nih, Be-emers! Kamu niat mau beli enggak?

Namun, edisi terbarus dari keluarga iPhone ini ternyata enggak dilengkapi adaptor pengisi daya dan Lightning EarPods di dalam paket penjualannya nih. Waduh, kok gitu sih?

Dilansir dari laman Bisnis, hal itu dilakukan Apple dengan dalih mengurangi dampak terhadap lingkungan yang dihasilkan oleh ponsel tersebut.

Namun, tenang dulu. Sebagai gantinya, iPhone hanya akan dilengkapi dengan kabel USB-C ke Lightning kok.

Selain di iPhone 12, Apple juga akan menghapus aksesori dari model iPhone lainnya di masa yang akan datang!


Soalnya, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat itu menyatakan bahwa langkah tersebut membuat konsumsi bahan mentah untuk setiap iPhone yang dijual menjadi lebih sedikit.

Selain itu, langkah tersebut juga dinilai memungkinkan untuk kotak ritel yang lebih kecil, yang berarti 70 persen lebih banyak unit dapat muat pada satu palet pengiriman dan mengurangi emisi karbon.

Secara keseluruhan, Apple memperkirakan perubahan tersebut akan mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahun, setara dengan menghilangkan 450.000 mobil dari jalan raya setiap tahun.

Meskipun banyak diprotes netizen, langkah tersebut enggak menghentikan Apple Inc. untuk mengurangi limbah elektronik.

Adapun, Apple juga diketahui telah menghapus pengisi daya dinding dan earbud Lightning dari iPhone lama dalam jajarannya yang akan terus dijual lho. Di situs Apple, daftar untuk iPhone XR, iPhone 11, dan iPhone SE 2020 sekarang mengatakan bahwa mereka hanya dikirimkan dengan telepon dan kabel USB-C ke Lightning di dalam kotak.

Gimana? Mending beli iPhone 12 atau DP rumah baru nih?

Baca Juga: Apple Perkenalkan iOS 14, iPhone Mana Saja yang Kebagian dan Apa Saja Fitur-Fitur Terbarunya?