Biar Enggak Boros, Begini Tips Belanja di Supermarket

Grocer Shopping - Canva

Grocer Shopping - Canva

Like

Selain di pasar tradisional, supermarket jadi alternatif pilihan tempat belanja yang bisa dipilih. Apalagi kalau mau belanja kebutuhan bulanan (grocery shopping), supermarket jadi tempat yang asyik karena menyediakan banyak produk rumah tangga dalam satu tempat.

Enggak cuma itu, tempatnya yang bersih, nyaman, dan memberi kemudahan berupa transaksi non-tunai, menjadikan supermarket jadi destinasi tempat belanja favorit bagi sebagian orang.

Di sisi lain, sadar enggak sih, kalau belanja di supermarket itu bisa jadi salah satu sumber pengeluaran terbesar kamu?

Soalnya, beda sama di pasar tradisional, kamu enggak bisa menawar harga yang sudah ditentukan pada suatu produk. Alhasil, kalau kamu enggak bisa bijak pas lagi belanja bulanan, bisa-bisa uang kamu jadi boncos lho!

Nah, biar kamu enggak boros, dikutip dari laman Bisnis, ini tips belanja di supermarket yang bisa kamu coba.


Baca Juga: Mau Hemat saat Belanja Bulanan? Kamu Bisa Lakukan Cara Ini
 

Bikin Budget Belanja

Sebelum berangkat ke supermarket dan mulai belanja, lebih baik kamu buat budget belanja terlebih dahulu nih, Be-emers. Hal ini juga penting untuk menyesuaikan kondisi keuangan kamu.

Pastikan kamu pergi berbelanja ke supermarket tanpa daftar belanjaan. Soalnya, kalau tanpa daftar belanja, kemungkinan kamu malah beli barang yang enggak dibutuhkan dan justru melupakan barang yang sebenarnya diperlukan.
 

Cek Harga Terbaik

Kalau kamu sudah sampai di supermarket, coba deh jangan langsung ambil barang yang ingin kamu beli ke dalam keranjang atau troli. Cobalah untuk mencari harga terbaik dari berbagai produk yang dijual.

Di supermarket, banyak barang yang sama dari brand yang berbeda. Produk merek ternama biasanya membayar lebih untuk berada di rak atas yang sejajar dengan pandangan mata.

Perhatikan juga, apakah ada produk yang lagi diskon atau enggak. Kalau mau hemat, cari harga yang lebih murah dengan kualitas barang yang tetap bagus ya!
 

Beli dalam Jumlah Banyak atau Enggak Ya?

Hal ini bisa kamu lakukan kalau kamu menemukan barang yang sedang diskon atau ada promosi doang ya. Enggak cuma itu, pastikan barang tersebut enggak punya tanggal kadaluarsa atau cukup awet kalau disimpan dalam waktu lama.

Misalnya, kamu bisa stok tisu, sabun cuci, kapas, dan sebagainya.
Dengan belanja dalam jumlah besar, hal ini juga bisa mengurangi intensitas kamu ke supermarket. Kalau kamu sering ke supermarket, hal tersebut bisa bikin kamu belanja impulsif dan akhirnya malah beli barang yang enggak terlalu dibutuhkan.
 

Selalu Cek Struk Belanja

Ada baiknya, jangan buang struk belanja yang kamu dapatkan dari kasir. Pastikan kamu cek kembali struk belanja usai melakukan pembayaran.

Coba lihat lagi, apakah jumlah barang yang dibeli, harga yang tercantum di rak sama dengan yang ada di dalam struk, dan barang yang didiskon sudah sesuai harganya?

Hal ini untuk menghindari kamu dari kesalahan pembayaran. Atau bisa jadi, kamu akan dapat bonus voucher atau hadiah tertentu dari pihak supermarket untuk minimal jumlah transaksi tertentu.

Soalnya, enggak jarang, pihak supermarket memberikan bonus atau hadiah kepada para pelanggannya. Selain itu, struk atau bukti belanja tersebut bisa kamu simpan sebagai catatan pengeluaran keuangan kamu.