7 Peluang Usaha di Masa Pandemi Corona

Ketika segala sesuatunya berjalan melawan Anda, Ingatlah bahwa pesawat terbang landas melawan angin

Ketika segala sesuatunya berjalan melawan Anda, Ingatlah bahwa pesawat terbang landas melawan angin

Like
Kini, virus COVID-19 sedang mewabah di Indonesia. Jumlah pasien yang terkena positif COVID-19 pun tidak sedikit. Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan pemerintah di masa seperti ini. Karena semua negara pun terkena dampaknya. 

Banyak perusahaan yang gulung tikar. Akibatnya, perusahaan memutuskan untuk merumahkan karyawannya bahkan ada yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Selain para karyawan yang di PHK, ada profesi sopir dan ojek yang mengalami penurunan pendapatan selama pandemi.

Lalu, apakah kita akan pasrah dengan hal tersebut? 
Tentu tidak, karena orang yang hebat adalah orang bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Virus bukan alasan kita untuk tidak produktif.

Bagaimana cara kita untuk berkontribusi mengurangi angka pengangguran?
Ya, tentu saja salah satunya dengan berwirausaha.

Mengapa harus wirausaha? 
Dengan berwirausaha berarti kita telah berkontribusi menurunkan angka pengangguran. Karena selain menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri, kita dapat menciptakan lapangan kerja untuk orang lain.

Berikut 7 peluang usaha yang cocok dijalankan selama pandemi :

1. Bisnis Frozen Food
Penjual frozen food sangat diminati di masa pandemi seperti sekarang. Karena banyak orang yang ingin makan di luar tetapi ada pembatasan untuk makan di restoran kesukaan. Frozen food adalah makanan yang cukup tahan lama dan mudah dalam pembuatannya. Kepraktisan dan rasanya yang enak membuat frozen food memiliki daya tarik tinggi bagi konsumen untuk membelinya. Berbagai macam jenis frozen food di antaranya toppoki, seblak, bakso aci, dan lain-lain.

2. Usaha Masker Bermotif
Di saat pandemi seperti saat ini masyarakat Indonesia berbondong-bondong mencari perlengkapan untuk menyesuaikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sekarang sudah banyak kreativitas orang-orang yang membuat masker lebih trendi tapi tetap sesuai protokol kesehatan. Hal ini menjadi daya tarik seseorang untuk membeli karena saat berpergian orang pasti ingin tampak lebih menarik. Oleh karena itu, penjualan masker dengan motif lebih kekinian akan sangat menguntungkan.

3. Usaha Minuman dari Rempah-Rempah Tradisional
Minuman yang terbuat dari bahan rempah-rempah tradisional misalnya kunyit, temulawak, jahe,asam jawa, dan sebagainya. Minuman ini menjadi salah satu minuman yang banyak diminati saat pandemi seperti ini, karena bisa mencegah dari banyak penyakit dan membantu menstabilkan imun tubuh kita.

4. Makanan Siap Saji
Saat pandemi seperti ini banyak orang yang malas untuk memasak apalagi jika makanannya yang itu-itu saja. Lauk matang dan makanan-makanan yang dapat dibeli dengan diantar adalah pilihan yang sangat menarik minat pembeli.

5. Bisnis Skincare
Di masa pandemi sebagian besar masyarakat Indonesia lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh para wanita maupun pria untuk merawat kulit agar tetap sehat dan glowing tentunya.

6. Reseller
Reseller atau penjual ulang adalah seseorang yang menjual kembali produk dari suplier ke konsumen. Dengan ini kita bisa memperhitungkan keuntungan yang ingin kita dapatkan. Untuk memulai menjadi reseller setidaknya kita harus memiliki modal awal dahulu untuk membeli dan memiliki stok barang yang akan kita jual.

7. Bisnis Dropship
Apa itu dropship? Dropship adalah sistem pemasaran dimana si penjual menjual barang tanpa memiliki stok barang. Jika kita tidak memiliki modal sama sekali kita bisa menggunakan cara ini, namun kita tidak bisa memperhitungkan berapa keuntungan yang kita ambil, karena semua tergantung prosedur dari suplier. Tugas utama dari dropship ini adalah melakukan penjualan produk secara maksimal.

Itulah peluang usaha yang dapat kita lakukan pada masa pandemi ini. Apapun pilihannya lakukan semuanya berdasarkan minat dan bakat Anda.

Jangan hanya ikut-ikutan. Misalnya, ada orang lain melakukan sesuatu lalu anda langsung mengikutinya tanpa melihat skill (keterampilan) Anda.

Selain Anda berusaha, usaha harus diiringi dengan DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakal). Sekian dari saya, semoga tulisan saya dapat bermanfaat dan memotivasi para pejuang nafkah untuk berwirausaha.Terimakasih.

Selamat Mencoba! Semoga Berhasil!