Manfaat Jantung Pisang Bisa Jadi Bisnis Makanan Olahan Lho!

Manfaat jantung pisang (Sumber: Pixabay.com)

Manfaat jantung pisang (Sumber: Pixabay.com)


Jantung pisang memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, bahan makanan yang berwarna kuning ini bisa dijadikan masakan yang sangat lezat. Kamu bisa mengolah jantung pisang dengan kari atau bahkan salad.

Jantung pisang sudah lama populer dalam masakan khas Asia tenggara dan Asia Selatan.  Terdapat kandungan antioksidan dan nutrisi penting seperti fosfor, kalsium, magnesium dan potasium yang sangat bagi kesehatan. Berikut simak beberapa manfaat jantung pisang.


Menyehatkan Masalah Pencernaan

Kandungan lain yang terdapat pada jantung pisang yaitu mengandung banyak serat di dalamnya sehingga cocok buat kamu yang lagi melaksanakan program diet. Serat yang mudah diserap oleh air sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki gangguan pencernaan seperti diare dan iritasi usus.


Mengatasi Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang menyerang metabolisme yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah, sehingga memberikan komplikasi bagi sejumlah organ vital pada tubuh. Salah satu cara penyembuhannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan rendah gula agar kadar gula dapat turun dengan produksi insulin.

Dalam beberapa hasil studi dikatakan bahwa jantung pisang dipercaya bisa membantu dalam proses penyembuhan penyakit diabetes. Pada hasil studi tersebut menunjukkan bahwa jantung pisang bisa menurunkan kadar gula pada kelompok tikus yang terkena penyakit diabetes.

Oleh karena itu, jantung pisang ini bisa dijadikan sebagai obat herbal bagi orang yang memiliki penyakit diabetes. Manfaat jantung pisang ini dapat kamu jadikan sebagai peluang bisnis yaitu dengan mengolahnya menjadi minuman atau obat-obatan herbal untuk penderita diabetes. 


Menurunkan Berat Badan

Selain kaya akan serat ternyata dalam 100 gram jantung pisang hanya terdapat 40 kalori, kurang dari 5 gram terdapat kandungan protein dan karbohidrat. Jadi tak heran jika jantung pisang sangat cocok dijadikan sebagai menu diet.


Cara mudah untuk menikmatinya adalah kamu bisa mengolahnya dengan sayuran segar sebagai sup atau salad. Namun, hati-hati dan perhatikan terlebih dahulu apakah penggunaan berlebih mayones pada salad buah justru membuat tidak sehat


Mencegah Terjadinya Kanker Dan Serangan Jantung

Jantung pisang juga kaya akan kandungan asam fenolik, flavonoid, tanin dan antioksidan lainnya. Kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya dipercaya mampu menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif. Sehingga manfaat jantung pisang lainnya selain untuk diet dan diabetes juga bisa mencegah terjadinya serangan jantung serta kanker.

Baca juga: Ini Makanan Penyebab Kolesterol


Mencegah Penyakit Saraf

Manfaat dari jantung pisang selanjutnya yaitu dipercaya dapat mencegah munculnya penyakit pada saraf seperti penyakit alzheimer (hilang ingatan ringan) dan parkinson yang disebabkan oleh radikal bebas yang merusak jaringan saraf. Cara mudah untuk menikmati jantung pisang adalah dengan mengolahnya menjadi jamu dan rutin mengkonsumsi setiap hari.


Mengontrol Sindrom Pra-Menstruasi

Pada setiap perempuan pasti memiliki sindrom pra-menstruasi yang berbeda dan setiap bulannya pun juga berbeda.  Contohnya adalah seperti mood yang tidak jelas dan berubah-ubah, depresi, hingga masalah pencernaan seperti perut kram sampai iritasi ringan.

Kamu bisa mengolah jantung pisang dengan cara mengukus dan mencampurkannya dengan yoghurt. Makanan ringan ini bisa kamu jadikan sebagai cemilan saat menstruasi untuk menurunkan masalah pencernaan dan perut kembung.

Selain untuk mengatasi perut kembung, manfaat jantung pisang lainnya yaitu bisa menghilangkan depresi. Hal itu dikarenakan di dalam jantung pisang terdapat kandungan magnesium sebagai anti-depresi.

Memiliki tubuh sehat tentu menjadi keinginan semua orang namun untuk memenuhi hal tersebut juga harus diimbangi dengan usaha yang sungguh-sungguh salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan tubuh. Yuk jaga dan rawat kesehatan tubuh sebelum terlambat.

Baca juga: Berikut Menu Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung