Instagram Bisnis: Kelebihan & Kekurangannya untuk Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Instagram (Sumber: Instagram @janemitha)

Kelebihan dan Kekurangan Instagram (Sumber: Instagram @janemitha)

Like

Menurut data dari Bisnis.com, ada kurang lebih 1 miliar orang di dunia yang menggunakan aplikasi Instagram setiap bulannya. Dari pengguna dengan jumlah yang begitu banyak, kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai Instagram bisnis.

Instagram bisa dijadikan sebagai salah satu platform yang tepat untuk kamu yang ingin memulai bisnis. Pasalnya, di media sosial tersebut ada banyak sekali peluang bisnis yang sayang jika dilewatkan.


Namun, sebelum berbisnis di Instagram, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan agar terhindar dari kerugian. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan ulasan berikut ini.


Mengenal Bisnis Dengan Media Sosial Instagram

Sesuai dengan namanya, bisnis akun Instagram ditujukan bagi orang orang yang ingin mengembangkan usahanya melalui media sosial Instagram. Melalui penggunaan media sosial tersebut, mereka mengembangkan bisnisnya baik itu untuk promosi maupun berkomunikasi dengan kliennya.

Instagram akun bisnis sama halnya dengan akun biasa. Tidak ada pungutan biaya yang menjadi pembeda kedua akun tersebut. Hanya saja, ada beberapa fitur yang ada di akun bisnis dan tidak bisa ditemukan di akun biasa.


Kelebihan Instagram Akun Bisnis



1. Instagram populer dan jangkauan luas 


Seperti yang telah diketahui, media sosial Instagram sangat populer sebab diunduh dan digunakan dengan jumlah user yang sangat banyak. Melalui platform Instagram bisnis yang populer ini, kamu bisa memanfaatkannya sebagai wadah pengembangan bisnis yang menguntungkan.

Di sana juga tersedia salah satu fitur yang paling banyak digemari. Salah satunya ialah Stories. Faktanya, para pengguna yang berlatar belakang milenial gemar mencari ragam Stories yang menjajakan produk atau layanan yang ingin mereka beli.

Dengan bantuan media sosial Instagram, bisnis yang kamu kembangan dapat mem-branding serta membangun karakter dengan sendirinya. Melalui hal tersebut, bisnis yang sedang kamu kembangkan akan menuju ke target pasar secara otomatis.

Media sosial Instagram juga memiliki jangkauan yang sangat luas. Seperti yang sudah dijelaskan, aplikasi ini telah diunduh dan digunakan sekitar 1 miliar orang setiap bulannya. Karena jangkauan yang begitu luas, bisnis yang kamu geluti akan memiliki kesempatan untuk kiprah ke luar negeri.


2. Produk Niche? Visibilitas Tinggi!


Apa maksudnya? Yap, terkadang kunci bisnis itu adalah menghadirkan sebuah kebutuhan yang tidak banyak disediakan dalam pasar.

Inilah yang disebut produk niche. Visibilitas tinggi maksudnya adalah dapat dengan mudah ditemukan oleh marketmu. 

Sebetulnya bisnis apapun bisa memiliki visibilitas tinggi dengan menyempurnakan personal profilemu. Misalnya kamu punya produk A untuk dijual yang bergerak dalam dunia fotografi maka tulislah A | Photographer  atau Motion Graphic Expert. 

Terlepas dari produk atau kamu ingin membranding dirimu, ada baiknya untuk memiliki profil yang lengkap dan jelas. Tentukan juga tagar personal untuk akun bisnis atau akun bisnismu. Bisa seperti #produkmulokasi misalnya #taskulitjakarta. 


3. Visual dan Efektif

Visualisasi itu memang selalu menarik untuk menyampaikan pesan yang efektif. Jadi, saat kamu memiliki kemampuan menulis atau copywriting yang baik, tentu saja akan menambahkan value tersendiri untuk produkmu. Jadi visualisasi yang baik harus didukung dengan seni copywriting yang baik. 

Nah, kalau kamu harus mencantumkan spesifikasi produkmu, maka tulislah dengan rapih dan terstruktur. Untuk itu kenali apa yang menjadi masalah dan kebutuhan informasi yang mereka harus ketahui. 


4. Operasi Ads dan Fitur Mudah 

Perbedaan Instagram dan Facebook ads itu bisa kamu lihat dengan lengkap disini, umumnya tentu pada fitur dan layanan yang dihadirkan. Namun, kabar baiknya adalah operasi ads di Instagram tidak terlalu rumit seperti yang ada di Facebook. 

Kamu hanya perlu membuat akun kamu menjadi Business Account, lalu kamu hanya perlu mengikuti alurnya dan pilih objektif yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Budget minimal yang bisa kamu gunakan adalah 25 ribu.

Gimana? Coba mulai praktek, ya! 

Baca juga: Ini Bisnis Online yang Menjanjikan Hingga Masa Depan


Kekurangan Bisnis Instagram

Selain memiliki kelebihan yang begitu banyak, Instagram juga masih memiliki kekurangan yang bisa saja menjadi hambatan bagi pemula bisnis. Salah satu kekurangan instagram bisnis tersebut ialah pemilik bisnis diwajibkan untuk mengupdate atau memposting produknya.

Sama halnya dengan media sosial yang lainnya, Instagram juga memiliki timeline yang berjalan sangat cepat. Sehingga, produk yang telah kamu unggah bisa saja tenggelam dan tidak terlihat oleh pengguna lain.

Guna menghindari hal tersebut, kamu perlu rajin rajin memposting produk setiap beberapa jam agar publik melihat bisnismu. Tak hanya diharuskan untuk rajin posting, Instagram juga rawan kena spamming. Umumnya, spamming ini biasa terlihat di kolom komentar.

Untuk menyiasati spamming pada akun bisnismu, kamu bisa memperlakukan fitur private agar tak sembarangan orang bisa berkomentar. Dengan begini, akun bisnis yang kamu miliki tidak akan dipenuhi spam-spam yang bisa merugikanmu.

Kekurangan lain dari berbisnis di Instagram ialah transaksi yang kurang praktis. Sebenarnya, media sosial tersebut memang tidak dirancang untuk dijadikan sebagai bisnis jual beli. Jadi, wajar saja jika proses transaksinya rumit dan membutuhkan banyak alur sesuai aturan Instagram bisnis. 

Itulah sekilas mengenai bisnis Instagram beserta kelebihan dan kekurangannya. Jika kamu berminat untuk mengembangkan bisnis tersebut, pelajari dahulu cara mengoperasikannya. Kamu juga perlu mengetahui keuntungan dan kerugian berbisnis dengan membaca ulasan yang sudah diuraikan.  

Intinya jangan takut untuk memulai, kerugian yang ada pada platform ini sebetulnya bukan sesuatu sangat mempengaruhi bisnismu. Tetap jalankan bisnismu dengan baik, lakukan dengan konsisten dan selalu temukan cara baru untuk membangun engagement yang baik dengan audiencemu! 

Baca juga: Strategi Giveaway Instagram untuk Naikin Followers, Apakah Customernya Ideal?