Strategi Giveaway Instagram untuk Naikin Followers, Apakah Customernya Ideal?

Strategi Giveaway Instagram (Sumber: Pixabay.com)

Strategi Giveaway Instagram (Sumber: Pixabay.com)

Strategi giveaway Instagram memang menjadi salah strategi yang diminati oleh para pemilik UMKM. Instagram memang menjadi salah satu sosial media yang sedang digemari oleh berbagai kalangan, kini Instagram juga merupakan wadah yang cukup potensial untuk berbisnis. 

UMKM Go Digital memang sebuah kewajiban sejak era ini. Ketidakpastian pasar bisa kamu atasi dengan kehadiranmu secara online bukan? Jadi, tak mengherankan jika saat ini banyak pebisnis yang beralih ke Instagram untuk mempromosikan produknya.

Sebagai pebisnis, kamu tentunya diperlukan cara untuk bisa menarik perhatian para audience di Instagram misalnya saja melalui unggahan. Salah satu cara yang bisa digunakan para pebisnis yaitu strategi giveaway Instagram. Berikut akan diulas cara penggunaannya. 


Menentukan Goal Setting

Pertama tama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan goal setting terlebih dahulu. Beberapa contoh goal setting pada Instagram giveaway yang sering digunakan yaitu boost engagement, increase brand awareness, promote a new product, gather reviews, dan find and develop brand advocates. Nah, masing-masing ini menentukan budget yang akan dikeluarkan bukan? 

Tentu, kamu yang memiliki followers 0 pasti akan menggunakan strategi paid promote atau bahkan ads untuk mendatangkan visitor ke profilmu. Jadi, logikanya jika semakin tinggi budget yang kamu keluarkan maka semakin banyak reach yang kamu bisa raih.

Permasalahannya, seberapa banyak engagement yang bisa kamu dapatkan?

Sebenarnya pembuatan goal setting sering digunakan sebagai langkah awal saat akan memulai digital advertising, baik itu melalui social media, search engine, atau bahkan email marketing. Oleh karena itulah kamu harus menentukan goal setting ketika menggunakan giveaway.

Baca juga: Level Up Yourself: Personal Branding dan Cara Membangunnya dengan Media Sosial!


Tentukan Target Market

Ads terkenal dengan kata ‘Boncos Bro’, kamu takut boncos? Permasalahannya, dalam dunia bisnis tidak ada istilah kata boncos, jika sudah menargetkan ke pasar yang tepat.

Namun, jangan konyol, jika melakukan satu kali ads dan mengharapkan konversi atau penjualan akan datang banyak. Tidak demikian, bayangkan saja jika kamu menerima iklan, akankah kamu selalu melakukan pembelian setelahnya? 

Tentu tidak, bukan? Jadi, memang harus berkali-kali saat menegdukasi orang terkait produkmu. Tentukan target market, lakukan awareness giveaway ini memang strategis. Kalau kamu belum mendapat pembeli, paling tidak market mengenali kamu. 

Kenapa? You give and receive! Kamu memberi suatu value yang bernilai yaitu produk yang kamu giveaway dan kamu menerima publisitas. Nah, konsep inilah yang kamu butuhkan, analisa target market terlebih dahulu. Sehingga, seluruh aktivitas promosi kedepannya berjalan lebih terstruktur. 


Melakukan Promosi

Tanpa sebuah promosi, Instagram giveaway  tidak akan ditemukan oleh audience. Ya gak sih? Sudah sempat singgung diatas bahwa promosi adalah cara efektif untuk membangun awarenessmu. 

Misalnya saja, menggunakan hashtag yang merupakan salah satu elemen yang digunakan dalam Instagram post. Bahkan, kini hashtag telah memiliki pengaruh terhadap persentase unggahan di media sosial bukan? Pengaruh organik memang, namun untuk boost halaman profilmu apakah perlu selama itu? 

Strategi giveaway Instagram satu ini pun perlu dibentuk semenarik mungkin agar audience bersedia memberikan like, comment, ataupun share unggahan kamu. Dalam media sosial ini terdapat dua konten dengan engagement yang paling tinggi yaitu foto dan video. Jadi, perhatikan design dari postingan yang akan kamu publikasi. 

Dalam setiap postingan baik itu berupa foto maupun video yang akan kamu unggah di Instagram, bisa ditambahkan berupa visual content strategy di dalamnya. Penambahan tersebut bertujuan agar konten kamu menjadi lebih powerful dan menarik. 


Additional Value Adds Eye

Apabila kamu menginginkan audience lebih tertarik lagi dengan unggahan di akun Instagram kamu, maka silahkan untuk menambahkan diskon atau voucher untuk para audience yang mau berpartisipasi dalam kontes giveaway yang kamu buat tersebut.

Instagram giveaway memang sangat menarik, namun terkadang dilupakan karena tidak memiliki additional value di dalamnya. Meskipun begitu, kini strategi giveaway di Instagram sudah sering dipakai oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. 

Bahkan saat ini terdapat sekitar 16 juta posting-an Instagram terkait giveaway. Beberapa postingan tersebut tentunya akan bersaing satu sama lainnya untuk mendapatkan perhatian dari audience. Karena hal tersebutlah, kamu harus menambahkan additional value ke dalam setiap kontes giveaway.


Membuatnya Lebih Spesifik Lagi

Setiap pembuatan strategi giveaway Instagram yang dibuat harus memiliki basic value yang kuat, agar jumlah audience yang ikut berpartisipasi sesuai dengan target. Karena semakin banyak audience yang berpartisipasi, maka semakin dekat pula kamu dengan tujuan giveaway tersebut.

Biasanya orang orang menggunakan giveaway memberikan basic value berupa specific contest, seperti produk-specific, theme-specific, atau time-specific. Misalnya saja #redcupcontest yang telah mendapatkan respon dari audience sebanyak 40 ribuan post.


Analisa Customer Journey

Cobalah untuk selalu menghargai setiap proses social media marketing yang sedang kamu lakukan yaitu dengan melakukan monitoring, moderating, dan get permission. Ketiga hal yang disebutkan tersebut digunakan untuk mengukur keberhasilan giveaway berdasarkan goal setting. 

Kemudian untuk mengetahui tingkat efektivitas hashtag yang dipakai, kemampuan bersaing dengan giveaway lainnya, dan menentukkan jumlah audience. Tak hanya itu saja, strategi giveaway Instagram terakhir ini pula sering digunakan sebagai pedoman giveaway selanjutnya.


Mantapkan Profil Anda! 

Jangan berharap lebih teman-teman kalau kamu saja belum memaksimalkan apa yang kamu miliki. Profil adalah sebaris kotak yang sangat bermanfaat, jadi jangan berusaha memaksimalkan yang lainnya jika kamu belum benar-benar memantapkan bagian ini. 

Kuncinya, siapa kamu, apa yang hendak kamu jual, siapa targetmu dan bagaimana cara mereka bisa menemukanmu? Ini adalah sales funnel kamu,jadi tentukan arah kemana mereka bisa mengenal kamu lebih lagi, via DM, website atau Whatsapp? 

Nah, itu dia tips dari Bisnis Muda untuk kamu. Dengan memperhatikan beberapa hal yang disebutkan di atas, dapat digunakan sebagai langkah langkah dalam pelaksanaan strategi giveaway di akun Instagram kamu. Selain itu, kamu pula bisa menggunakannya untuk mempromosikan brand ke khalayak ramai. 

Baca juga: Resensi Think and Grow Rich: Resep dan Prinsip Sukses Anak Muda