Harbolnas 11.11, Apakah Kamu Kecanduan Belanja Online? Kenali Tanda-tandanya

Online Shop - Canva

Online Shop - Canva

Like

Tanggal 11 November alias 11.11 itu cantik banget ya, Be-emers?

Nah, tanggal cantik ini juga jadi momen promo dan diskon dimana-mana lho! Terutama, diskon di sejumlah platform e-commerce.

Adapun, momen tersebut dikenal dengan hari belanja online nasional alias Harbolnas. Kamu salah satu yang ikutan enggak nih?

Belanja saat diskon besar-besaran memang menyenangkan. Eits, tapi kamu juga mesti waspada lho.

Soalnya, kalau terlalu berlebihan, bisa jadi kamu kecanduan belanja online nih. Dikutip dari Bisnis, studi baru Comprehensive Psychiatry yang diterbitkan dalam jurnal Elsevier pada November lalu menemukan sekelompok orang melaporkan gejala-gejala kecanduan belanja online (BSD).


Nah, mereka yang kecanduan belanja ini cenderung berusia lebih muda. Selain itu, mereka juga bisa mengalami tingkat kecemasan dan depresi yang lebih besar lho!

Waduh! Bahaya juga ya, Be-emers!

Bahkan, saat ini, BSD dicirikan sebagai gangguan kontrol impuls spesifik dalam Klasifikasi Penyakit Internasional edisi revisi ke-11. Lalu, apa saja sih tanda-tanda orang yang mengalami BSD?

Umumnya, orang yang mengalami BSD punya keasyikan yang ekstrem dan keinginan untuk terus berbelanja. Selain itu, ada sebuah rasa dorongan yang tak tertahankan dan pencarian identitas untuk memiliki barang-barang tertentu.

Terlebih, orang yang mengalami BSD juga membeli lebih banyak barang daripada yang mereka mampu, butuhkan, atau gunakan. Mereka melakukan hal itu untuk mengatur emosi, misalnya, untuk mendapatkan kesenangan, hingga kelegaan dari perasaan negatif.

Selain enggak berdampak baik untuk diri sendiri, kondisi pun ini bisa menyebabkan masalah lainnya. Misalnya, perselisihan keluarga, kekacauan karena penimbunan barang yang patologis, utang, penipuan, dan pengeluaran terus-menerus sementara keuangannya tidak mencukupi.

Jadi, belanja kebutuhan sesuai dengan budget kamu juga ya, Be-emers!

Baca Juga: Dear Influencer dan Online Shop, Instagram Mau Tambah Fitur Baru NIh!