Kalahkan First Media, IndiHome Jadi Operator Internet Favorit Nih

Internet - Canva

Internet - Canva


Internet sudah kayak jadi kebutuhan pokok kita nih. Setuju enggak sih?

Hampir semua kegiatan kita didominasi sama penggunaan internet. Apalagi, di saat pandemi Covid-19, kebutuhan internet pun makin meningkat.

Di dalam negeri sendiri, sejumlah operator internet berlomba-lomba nih memberikan layanan terbaiknya. Terus, oprator mana ya yang kira-kira jadi favorit para pengguna?

Dikutip dari laman Bisnis, Indihome rupanya berhasil menjadi operator internet tetap yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Bahkan pencapaian itu mengungguli First Media lho!

Hal itu diraih Indihome pada kuartal II/2020, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII).


Menurut Ketua Umum APJII Jamalul Izza, kedua operator tersebut, nama lain yang juga menjadi favorit adalah CBN dan Biznet.

Berdasakan hasil survei, masyarakat belum banyak yang berlangganan internet di rumah, hanya 14,5 persen responden yang mengaku berlangganan internet tetap, sedangkan sisanya 75,5 persen tidak berlangganan.

Dia menuturkan mayoritas masyarakat menginginkan kecepatan internet 10-20 Mbps. Sementara, biaya pengeluaran internet rumah rata-rata Rp300.000-400.000 per bulan.

Sekadar catatan, metode survei APJII menggunakan teknik sampling seperti probability sampling, multistage random sampling, dan varian area random sampling.

Jumlah sampel mencapai 7.000 responden dengan margin of error 1,27 persen dan level of confidence 95 persen. Wawancara dengan bantuan kuesioner dilakukan di kuartal II, pada 2-25 Juni 2020.

Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, dengan 49 persen berjenis laki-laki dan 51 persen perempuan. Tingkat pendidikan responden mulai SMP/sederajat dan memiliki pengeluaran kurang dari Rp 1,8 juta per bulan.

Survei juga menyebutkan aplikasi belajar menjadi konten yang paling sering ditonton oleh masyarakat Indonesia pada kuartal II/2020. Jamal mengatakan mayoritas pengguna mengakses internet lebih dari 8 jam dalam satu hari selama pandemi.

Wah, selamat ya untuk Telkom!

Baca Juga: Kinerja Emiten: Laba Masih Aman, Telkom (TLKM) Optimis Kinerja & Saham Prospektif