Ini Hal yang Perlu Kamu Lakukan untuk Memulai Bisnis Baru dari Rumah

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Like

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin memulai suatu usaha. Salah satunya yakni lokasi usaha.

Namun, sebenarnya memulai usaha itu bisa dari rumah atau tempat tinggal kamu sendiri lho, Be-emers!

Teknologi membuat kamu bisa berkreasi untuk membuat dan memasarkan produk bisnis kamu hanya dari rumah. Kamu pun enggak perlu pusing dan repot lagi untuk menyewa tempat buat menjalankan bisnis.

Sebelum kamu memulai usaha dari rumah, dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah hal nih yang perlu kamu siapkan.

Baca Juga: Cuan Sejak Remaja, Ini Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Coba


Fokus pada Minat.
Memulai bisnis sendiri mengharuskan kita menjadi bos bagi diri sendiri, dan tentu menetapkan jam kerja sendiri. Jam-jam itu pun bakal berlangsung lama. 

Jadi, kamu perlu melakukan sesuatu yang kamu sukai agar dapat dipatuhi secara realistis. Kamu perlu merangkul prosesnya, daripada hanya memikirkan uang yang akan masuk ke pundi-pundi kekayaan kamu.

Semakin kamu bersemangat tentang industri tempat kamu bekerja, semakin besar peluang kamu untuk sukses.


Belajar Jadi Prioritas.
Ketika dengan ide baru, itu bisa menjadi hal menarik dan kamu akan tergoda untuk terjun langsung untuk membangun produk kamu. Namun, sebelum kamu melakukan semua itu, kamu perlu menyerap informasi sebanyak mungkin.

Sebaiknya, coba lihat pasar, calon pesaing, permintaan, dan segala sesuatu yang relevan dengan ide kamu. Kumpulkan, seenggaknya 30 jam, untuk mempelajari segala hal tentang ide baru sebelum kamu memulai pekerjaan lain.


Jangan Dulu Tinggalkan Pekerjaan Harian Kamu.
Kamu enggak boleh meremehkan pentingnya sumber dana apapun, bahkan saat kamu sedang mengembangkan ide bisnis. Kalau kamu punya pekerjaan normal, pertahankan agar kamu memiliki penghasilan tetap.

Bahkan, ketika kamu bekerja dari pukul 9 pagi hingga 5 sore, masih ada cukup waktu untuk membangun bisnis sampingan yang pada akhirnya akan menjadi pekerjaan utama kamu. Sebuah bisnis enggak menjadi sukses dalam semalam.


Pahami Setiap Ketentuan Hukum.
Ini adalah bagian dari proses pendidikan dan bisa dibilang merupakan elemen terpenting. Kamu perlu memastikan bahwa kamu mengikuti semua peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah kamu, dan mungkin ada baiknya untuk berkonsultasi dengan pakar mengenai hal ini.

Pastikan hal tersebut untuk memahami apa yang perlu kamu lakukan sehubungan dengan pajak sehingga kamu enggak menghadapi risiko penalti apapun.


Jadi Pengusaha yang Berani
Banyak orang yang justru enggak menindaklanjuti ide bisnis mereka karena takut gagal, atau mengira teman mereka akan mengejeknya. Kamu enggak bisa membiarkan diri kamu sendiri mengadopsi pola pikir ini.

Meski ide kamu enggak berhasil, jangan anggap sebagai kegagalan, pelajari saja dari ide itu dan lanjutkan ke ide berikutnya. Pengusaha paling sukses di dunia semuanya pernah disebut gila di beberapa titik.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Rumahan Di Masa Pandemi Corona