Gaji Kamu Terdampak Pandemi? Berikut Tips Mengelolanya

Finance - Canva

Finance - Canva

Like

Buat karyawan, kata "gajian" adalah hal yang selalu bikin happy. Kamu salah satu yang merasakannya enggak, Be-emers?

Sayangnya, pandemi Covid-19 membuat keadaan finansial banyak orang mengalami perubahan. Termasuk, berdampak juga sama penghasilan.

Sejumlah karyawan mengalami pengurangan gaji atau upah akibat pandemi ini. Alhasil, kondisi keuangan pun perlu diatur ulang dengan sebaik mungkin.

Eits, tenang dulu. Biar kamu enggak pusing, dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah tips untuk mengelola keuangan meski pendapatan kamu terdampak pandemi nih, Be-emers.

Baca Juga: Gajimu Terlalu Kecil? Simak Begini Cara Punya Penghasilan Tambahan



Periksa Status Keuangan dan Perilaku Pengeluaran Kamu
Hitung berapa banyak tabungan serta penghasilan kamu saat ini dan bandingkan dengan pengeluaran yang penting, seperti biaya kebutuhan dasar, listrik, air, tagihan, dan pinjaman.

Kemudian, buat perencanaan anggaran yang sesuai dan patuhi. Hal ini akan membuat kamu belajar mengeliminasi pengeluaran yang enggak penting dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. 

Pertimbangkan Menggunakan Aplikasi Budgeting
Buat sebuah spreadsheet untuk memantau keuangan, atau lebih baik lagi, unduh aplikasi yang dapat melakukannya secara otomatis.

Nah, aplikasi pelacakan anggaran (budget tracking app) berfungsi seperti pengelola keuangan pribadi, sehingga kamu dapat mengatur keuangan dengan cepat, mudah, dan bebas dari stres. 

Buat Simpanan Dana Darurat
Bukan sebuah hal yang mustahil untuk membuat simpanan dana darurat di tengah pandemi.

Setelah melakukan kalkulasi ulang keuangan kamu saat ini, cari cara untuk menyisihkan uang yang diperoleh dari anggaran pengeluaran sebelum Covid-19, seperti belanja baju musiman, makan di luar, liburan, dan transportasi bila kamu bekerja dari rumah. 

Cari Skema Pembayaran Alternatif Bila Punya Cicilan
Segera hubungi kreditur kamu dan cari tahu apakah ada skema penangguhan pembayaran, perpanjangan masa pinjaman, atau penurunan suku bunga.

Kalau kamu memiliki riwayat kredit yang baik, kemungkinan besar mereka bersedia untuk mencarikan opsi pembayaran yang disesuaikan dengan kondisi.

Cari Tahu Alternatif Bantuan Keuangan & Pekerjaan Sampingan
Pemerintah memiliki sejumlah program dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, seperti subsidi gaji. Coba cari tahu dan pelajari bantuan pemerintah yang sesuai dengan kriteria kamu.

Terakhir, coba deh untuk cari pekerjaan yang hanya membutuhkan keahlian, waktu, dan koneksi internet yang stabil.
 
Baca Juga: Resesi dan Pandemi Bukan Penghalang, Begini Cara Dapat Cuan Tambahan