Ini Situs Untuk Freelance Desain Grafis

Freelance Desain Grafis (Sumber: Pixabay.com)

Freelance Desain Grafis (Sumber: Pixabay.com)

Like

Jika kamu freelance desain grafis tentu harus mencari klien terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bekerja secara lepas. Karena dengan mengetahui cara untuk mendapatkan klien tentu hal tersebut akan memudahkan pekerjaanmu kedepannya. 

Dilansir dari projasaweb mengatakan bahwa gaji dari seorang freelance desain grafis adalah sekitar 2jt hingga 4jt. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan bergabung dengan website penyedia jasa desain grafis.

Dengan menggunakan banyak situs, tentu akan menambah relasi yang memperluas kemampuan kamu. Berikut website yang cocok digunakan untuk freelance.


1. Coroflot.com

Situs ini juga direkomendasikan untuk para desainer yang ingin memanfaatkan situs online. Di sini freelancer dapat membuat dan mengunggah portofolio sehingga bisa dilihat dan dijangkau oleh banyak orang.

Selain dapat mengunggah portofolio milik pribadi, freelancer juga bisa melihat portofolio milik desainer lainnya, sehingga bisa menjadi referensi bagi antar sesama desainer. Tidak hanya itu kamu juga bisa melihat jumlah pengunjung dan mendapatkan pekerjaan.


2. iFreelance.com

Klien dan freelance desain grafis dapat disatukan melalui website bernama iFreelance.com. Hanya perlu mengunggah portofolio yang dimiliki maka akan dilihat tidak hanya desainer tetapi juga klien. 


Di situs ini, klien juga bisa ikut berpartisipasi mengupload karya mereka, dengan tujuan untuk menemukan desainer yang mampu mengerjakan seperti portofolio yang mereka inginkan.

Tanggapan atau testimoni yang didapat dari situs iFreelance masih terbilang memuaskan, entah dari freelancer desain atau klien. Melalui website ini dapat membantu mempererat hubungan desainer dan klien tidak hanya di dunia maya tetapi nyata.

Baca juga: Anti Ribet, Yuk Simak Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Untuk Pemula


3. 48hourslogo.com

Salah satu situs yang dapat membantu memperluas jaringan bagi para freelancer. Situ satu ini kerap mengadakan kontes mendesain bagi para desainer yang berkutat di bidang logo dan grafis. Website ini sudah ada sejak tahun 2010 silam dan kantor pusat yang bertempat di Shanghai, China. Di 48hourslogo, mayoritas berisikan klien dengan usaha yang terbilang kecil atau menengah. 

Jika freelance desain grafis bergabung dengan situs ini, maka mereka hanya perlu melihat dan mencari klien yang menulis rincian proyek sesuai dengan kemampuan para freelancer desain logo atau grafis.

Biasanya klien menuliskan kriteria proyek yang mereka inginkan, lalu jika seorang desainer mampu memenuhi pemesanan maka desain yang dibuat langsung diunggah di website dalam format jpeg.


4. Guru.com

Website berikut ini memiliki dua akses yang dikhususkan untuk desainer lepas atau para klien. Seperti pada umumnya, para freelance hanya perlu mengunggah portofolio mereka lalu akan dilihat oleh klien yang akan menyaring karya mana yang sesuai kebutuhan.

Menggunakan situs ini, terdapat potongan harga kurang lebih sebesar lima hingga sepuluh persen dari pendapatan menggunakan website Guru. Kelebihannya jika sudah terdaftar, maka akan otomatis ada pemberitahuan tentang proyek yang ditawarkan kepada kamu.


5. Fiver

Platform satu ini menawarkan layanan yang cukup professional dalam mengembangkan usaha para freelance desain grafis. Layanan tersebut tidak hanya diakomodasikan untuk desainer, tetapi juga marketer, programmer, SEO dan banyak lagi.

Situs Fiver semakin populer karena biaya yang dibebankan untuk menggunakan website ini terbilang ramah di kantong. Tentu hal ini bisa menjadi alternatif bagi Kamu yang ingin memulai memperluas jaringan namun dengan minim biaya.


6. Smashingjobs

Smashingjobs atau juga bisa disebut dengan SmashingMagazine merupakan platform online yang diperuntukkan bagi desainer grafis yang bekerja secara freelance. Pada situs ini, harga tidak dicantumkan, karena hal tersebut termasuk kesepakatan antara klien dan desainer.

Platform Smashingjobs ini juga dapat dikatakan sebagai situs yang cukup terkenal, karena dapat memiliki kurang lebih empat juta pengguna setiap bulan dan terdapat daftar pekerjaan yang cukup terkenal pula.

Untuk mempercepat dan memperluas relasi, maka dengan menggunakan situs yang dibuat dapat menjadi alternatif untuk menunjang kemajuan seorang desainer yang bekerja secara freelance. Sehingga freelancer jadi lebih memahami apa yang menjadi keinginan dari para klien.

Baca juga: 10 Langkah-langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha