Anti Ribet, Yuk Simak Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Untuk Pemula

cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula (Sumber: Pixabay.com)

cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula (Sumber: Pixabay.com)

Like

Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula memang dirasa sangat tabu. Namu, memiliki website di era pandemi ini memang sangat dibutuhkan oleh para pemilik bisnis. 

Langkah membangun usaha salah satunya bisa dimulai dengan memiliki website. Ini menjadi sebuah platform untuk melakukan branding pada berbagai macam bisnis kamu, agar terlihat lebih meyakinkan. Sekarang, kehadiran website memang bisa membuat konsumen menilai bahwa bisnis kamu sudah terpercaya, dan bisa menghasilkan pundi-pundi penghasilan.

Tidak lagi susah, kini sudah banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat websitemu sendiri dengan cara yang anti ribet, dan pasti berhasil. Ingin mencoba membuatnya? Simak cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula disini.


Tentukan Jenis Website dan Domain yang Diperlukan

Saat ini, hampir seluruh lini bisnis dari personal, toko online hingga instansi sudah banyak yang memanfaatkan website untuk mengoptimalkan penjualan mereka. Pasalnya, konsumen kini sudah semakin melek teknologi dan akan memilih untuk mencari segala sesuatu yang mereka butuhkan dengan informasi di internet, salah satunya lewat website resmi yang mengulas jasa atau produknya. 

Tidak hanya memilih website yang sesuai, domain dan hosting juga menjadi salah satu faktor pendukung untuk membuat website kamu melejit. Maka sebelum memutuskan untuk membuat situs web resmi bisnis kamu, pastikan jenis, domain atau hosting yang ingin digunakan. 

Domain dan hosting berikut akan menjadi identitas untuk website bisnismu. Kemudian setelah selesai, kamu bisa melakukan tahapan cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula selanjutnya.  



Buat Website Gratis 

Kata siapa untuk membuat website, anda harus selalu membayar? Untuk berlangganan domain dan hosting, mungkin iya. Namun untuk membuatnya, kamu bisa memanfaatkan beberapa platform yang memang menyediakan sarana pembuatan situs web secara gratis dan mudah. 

Salah satu platform pembuatan website gratis tersebut adalah WordPress yang sudah sering digunakan. Meski hanya perlu berlangganan dengan harga yang murah atau bahkan gratis, namun keuntungan yang didapatkan pun terbilang cukup lengkap. 

Diantaranya, kamu diberikan kebebasan untuk mengubah tampilan tema website yang kamu gunakan, agar tidak terkesan monoton. Kamu juga bisa mengganti tema secara berkali-kali sesuai dengan konsep website yang diinginkan. 

Baca juga:  Simak Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Gratis Untuk Para Blogger


Tambahkan Plugin yang Dibutuhkan

Untuk cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula yang terakhir, kamu bisa menambahkan berbagai fitur tambahan di situs yang kamu miliki. Berbagai fitur menarik ini, dapat ditambahkan dengan pemasangan plugin untuk seluruh fitur yang bersifat teknis, maintenance, desain, tampilan laman, yang juga bertujuan untuk memudahkan klien kamu.

Beberapa fitur yang kerap ditambahkan pada website-website resmi ini agar meningkatkan kepercayaan konsumen adalah, kebijakan privasi yang digunakan ketika menggunakan jasa atau layanan yang ditawarkan. Menambahkan fitur chat, akan membuat kamu bisa lebih dekat dengan konsumen. 


Buat Website Bisnis Menjadi Lebih Optimal

Setelah kamu sudah menyelesaikan berbagai cara diatas, maka pada dasarnya website bisnis ini sudah bisa diluncurkan dan dikunjungi konsumen. Namun, meski begitu, kamu tetap harus membuat situs yang kamu kelola menjadi lebih maksimal dengan cara melakukan optimasi web agar lebih mudah menduduki rangking pertama di pencarian.

Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula ini, akan lebih sempurna dengan adanya optimasi kecepatan, agar ketika konsumen sedang asyik mengeksplor websitemu, mereka tidak akan menunggu loading page yang terlalu lama. Waktu loading yang lama akan membuat konsumen malas untuk mengunjungi situs kamu. 

Selain melakukan optimasi waktu, lakukan juga optimasi SEO untuk mempermudah website kamu masuk dalam pencarian  teratas.Berikut adalah langkah-langkah membuat website bisnis bagi pemula yang mudah dan gratis. 

Dengan cara ini, kamu tidak perlu lagi menyewa orang, hanya untuk mengelola situs bisnis milikmu. Dengan berbagai cara diatas, kamu bisa membuat para konsumen lebih percaya dengan layanan dan produk yang kamu tawarkan.   

Baca juga: Kombinasi Warna Untuk Website agar Menarik