Sadari Sejak Dini, Berikut Tanda Kamu Kelelahan Kerja

Burnout - Canva

Burnout - Canva

Like

Memang sih, kerja itu pasti capek. Namun, kadang rasa lelah itu enggak disadari sama banyak orang lho.

Padahal. penting banget lho untuk mengetahui kapasitas fisik dan pikiran kamu saat sudah merasa lelah bekerja. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya stres, burnout, bahkan depresi.

Dikutip dari laman Bisnis, berikut tanda-tanda kamu kelelahan bekerja yang penting banget diketahui sejak dini.

Baca Juga: Kerja di Era Pandemi


Kelelahan

Perasaan terlalu lelah atau kehabisan energi adalah tanda utama mengidentifikasi kelelahan dalam pekerjaan kamu. Meskipun kamu sudah lama bekerja dan terbiasa dengan rutinitas kerja yang ekstrim, wajar jika kamu merasa jenuh kapan saja.

Hal ini menunjukkan bahwa kelelahan telah merayapi kamu, dan mengurangi intensitas kamu dalam bekerja.


Jauh secara mental
Ingat ya, sekalipun itu adalah pekerjaan impian kamu, perasaan lelah bukanlah hal yang aneh. Ketika perasaan itu datang, kamu akan semakin menjauh dari pekerjaan itu. Antusiasme dan minat kamu pun akan sangat berkurang.

Rasa pemenuhan pekerjaan kamu perlahan-lahan akan habi dan mempengaruhi kinerja kamu di tempat kerja. Ini juga dapat berdampak negatif pada minat kamu di luar pekerjaan.


Punya pandangan negatif
kamu mungkin terus berpikir bahwa kontribusi kamu pada proyek atau tugas apa pun tidak penting, bahkan jika itu berdampak atau tidak.

Ini artinya, kamu juga menderita kelelahan karena kurangnya kepercayaan diri pada pekerjaan kamu, yang juga menyebabkan kamu merusak produktivitas dalam karier kamu.


Performa buruk
Kurangnya energi berdampak negatif pada pekerjaan, menyebabkan kinerja yang buruk. 

Semakin buruk pekerjaan kamu dapat menimbulkan banyak risiko dalam waktu dekat. Misalnya, diberi surat peringatan, hingga pemutusan hubungan kerja alias PHK.


Sakit yang berulang
Kalau kamu cenderung sering sakit, kemungkinan besar sistem kesehatan kekebalan kamu terganggu. Jika kamu terus-menerus berada di bawah tekanan kerja, stres tidak bisa dihindari.

Hal tersebut pada akhirnya menimbulkan risiko kesehatan yang tinggi, menyebabkan kamu mudah sakit. Jika sistem kekebalan kamu menyebabkan penyakit berulang, pahami bahwa kelelahan di tempat kerja menjadi masalah serius.


Baca Juga: Sering Lembur? Hati-Hati, Ini Dampak Buruk yang Bakal Kamu Alami