Tren Bisnis Donat Kekinian, Tertarik Mencoba?

Doughnut Illustration - Canva

Doughnut Illustration - Canva

Like

Bulat, manis, dan punya aneka rasa yang disukai semua usia, bikin donat enggak pernah sepi penggemar nih. Di setiap daerah, bahkan negara, donat punya versinya sendiri-sendiri.

Di abad pertengahan, dilansir dari Allthatinteresting, orang Timur tengah punya versi donat dari tepung yang digoreng dan disajikan dengan cara mencelupkan donat ke dalam sirup manis. Sementara orang Belanda, yang konon katanya sebagai yang pertama kali memperkenalkan donat ke seluruh dunia, punya donat dengan ukuran besar berisi kismis dan selai.

Di Indonesia sendiri, donat biasanya dibalut dengan gula halus. Namun, ternyata banyak juga nih varian donat yang sedang hits. Enggak cuma itu, donat ini juga mendatangkan cuan.

Bahkan, dilansir dari Bisnis.com, Indonesia dinilai masih berpeluang jadi pasar yang prospektif buat pasar donat lho. Hal ini sejalan dengan semakin bermunculannya pelaku usaha donat, baik dari lokal maupun luar.

 

Donat Kentang

Di tahun 1938, Glenna Snow Cookbook mencatatkan resep donat dengan bahan dasar baru, yakni kentang. Namun, baru di pertengahan 1990-an, resep itu mulai dikenal oleh masyarakat luas lewat sejumlah waralaba toko di Amerika Serikat.


Donat kentang atau yang juga dikenal sebagai Spudnut ini rupanya lagi nge-hits lagi di tahun 2020. Dari bisnis rumahan hingga sejumlah cafe terkenal menjual donat yang bertekstur lebih ringan dari donat berbahan dasar tepung ini.

Bahan-bahan untuk membuat donat kentang ini kurang lebih sama dengan donat pada umumnya. Perbedaannya hanya terdapat di bahan dasar tepung. Sesuai namanya, donat kentang menggunakan tepung kentang sebagai bahan dasar adonan.

Donat ini bisa divariasikan dengan aneka topping juga lho! Namun, kalau kamu mau berbisnis donat kentang, sebaiknya perhatikan juga masa ketahanan produknya ya. Soalnya, donat kentang enggak bisa bertahan untuk waktu lama dan berisiko mudah basi.

 

Donat Crispy

Sempat hits di taiwan, donat bertekstur garing dan renyah alias crispy juga nge-hits nih di dalam negeri. Rupanya, varian donat ini cukup menarik banyak orang buat mencicipinya lho.

Salah satu yang menjual donat renyah ini adalah Dokrezzz. Memulai usahanya sejak 2019 lalu, Dokrezzz bisa dibilang jadi yang pertama menjual donat crispy di Indonesia.

Punya banyak varian rasa, Dokrezzz memang terinspirasi dari crispy doughnut yang banyak dijajakan di Taiwan. Meskipun begitu, toko donat yang bisa dipesan secara online ini selalu punya inovasi rasa baru yang bisa dicoba. Donat yang dijual oleh Dokrezzz berkisar dari Rp15.000 hingga Rp30.000, tergantung varian rasa.

Selain Dokrezzz, pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven juga mencoba peluang donat renyah ini lho. Selain dengan sistem pemesanan online, donat yang bernama Donuthing! ini juga dijual di beberapa outlet di Jakarta.

Meski dijual oleh artis kenamaan, namun donat renyah ini dijual dengan harga yang enggak begitu mahal nih, Be-emers. Satuannya dijual dengan kisaran harga Rp8.500 hingga Rp11.000 per donat. Hmm bakal jadi tren kayak kue artis enggak ya?