Mau Mulai Bangun Bisnis? Begini Tipsnya dari Konsultan Keuangan

Business - Canva

Business - Canva

Like

Bagi sebagian orang, membangun usaha tentunya perlu mempersiapkan banyak hal. Mulai dari ide, hingga modal usaha.

Enggak cuma itu, berbagai tantangan dalam menjalani bisnis tentunya juga akan dihadapi. Lalu, biar enggak boncos, apa yang harus dilakukan saat mau membangun usaha?

Seperti yang dilansir dari laman Bisnis, dalam siaran langsung Instagram, Konsultan Keuangan Zap Finance Arief Budiman menjelaskan ada sejumlah tips nih buat kamu yang mau memulai bisnis di 2021.

Baca Juga: Cara Sukses Berbisnis Online Tanpa Memiliki Modal
 

Tetap Realistis

Memang sih, semakin besar modal usaha, semakin bagus pula potensi hasilnya. Meski begitu, sebaiknya sih kamu tetap harus realistis.

Selain itu, pertimbangkan pula kondisi yang ada. Jangan sampai, kamu mengeluarkan modal yang terlalu besar tapi hasilnya enggak terukur.

 

Jangan Ambil Modal dari Dana Darurat

Arief pun menyarankan, jangan mengambil modal dari dana darurat. Sebaiknya, siapkan alokasi sendiri untuk modal bisnis kamu ya.

Jadi, seharusnya ada dua dana, yakni dana darurat dan modal. Soalnya, kalau kamu mengambil dana darurat sebagai modal, jika usaha kamu enggak berjalan baik, kamu jadi enggak punya dana lagi lho!
 

Beradaptasi untuk Bertahan dan Ikuti Pola Konsumen

Saat masa pandemi, enggak sedikit usaha yang harus gulung tikar. Di sisi lain, para pelaku usaha dituntut untuk bisa beradaptasi supaya bisa bertahan.

Salah satu caranya, yakni dengan mengikuti pola konsumen yang juga bergeser. Misalnya, para konsumen kini lebih cenderung memesan makanan lewat layanan pesan antar ketimbang membeli langsung di tempat makan.

Hal itu tentunya mendorong para pelaku usaha untuk membuat inovasi. Seperti para pelaku usaha kuliner, kamu bisa melakukan inovasi dengan menjual makanan dalam kemasan beku dan sebagainya.

Baca Juga: Apa Aja Sih Tujuan Keuangan yang Diperlukan di 2021?