Perkuat Fintech & E-Commerce China, Induk TikTok Luncurkan Dompet Digital

E-Wallet - Canva

E-Wallet - Canva

Like

Di era digital ini, kamu sebenarnya sudah enggak perlu terlalu khawatir lagi kalau ketinggalan dompet.

Soalnya, berbagai fitur dompet digital pun bisa kamu gunakan untuk mempermudah transaksi keuangan kamu nih, Be-emers.

Bahkan, induk perusahaan TikTok, dikabarkan punya layanan dompet digital juga lho! ByteDance dikutip dari dari laman Bisnis, layanan dompet digital (e-wallet) yang diberi nama Douyin Pay tersebut merupakan layanan pembayaran pihak ketiga.

Sesuai fungsi e-wallet pada umumnya, Douyin Pay diluncurkan untuk melengkapi opsi pembayaran utama eksisting dan meningkatkan pengalaman penggunanya.

E-wallet dari Negeri Tirai Bambu ini juga jadi bagian dari strategi perusahaan untuk memperkuat kehadiran fintech dan e-commerce di China.
 

Bergabung dengan Alipay dan WeChat Pay

Menariknya nih, Be-emers, dari laporan VOI, rupanya Douyin telah resmi bergabung dengan Alipay dan WeChat Pay, yang merupakan platform pembayaran eksisting dan populer di China saat ini.


Sementara itu, pihak ByteDance sendiri diketahui baru memantapkan layanan pembayaran di China setelah sang pendiri sekaligus CEO Zhang Yiming mengakuisisi Wuhan Hezhong Yibao Technology Co pada tahun 2020 lalu.

Nah, pas akuisisi tersebut, Yibao ternyata telah memiliki lisensi pembayaran pihak ketiga dari Bank Sentral China sejak 2014 lho, Be-emers.

Adapun, Douyin merupakan sumber pendapatan utama ByteDance. Platform ini pun mulai sudah berjalan selama empat tahun dan kini mampu mengoperasikan platform e-commerce yang berkembang pesat, dengan lebih dari 600 juta pengguna berbelanja online setiap hari.

Tantangannya, ByteDance dirasa cukup berani ketika melakukan ekspansi ke sektor e-wallet. Soalnya, lahirnya Douyin Pay ini juga bertepatan dengan pengetatan fungsi pengaturan dan pengawasan oleh regulator keuangan China untuk mencegah kecenderungan monopoli di segmen pembayaran seluler pada layanan keuangan lho.

Baca Juga: Meski Pandemi, ShopeePay Jadi e-Wallet Paling Unggul Selama Periode Harbolnas