Viral di Medsos, Apa Sih Clubhouse Itu?

Clubhouse - Pinterest

Clubhouse - Pinterest

Beberapa waktu ini, nama aplikasi Clubhouse tiba-tiba jadi bahan perbincangan banyak orang lho. Para influencer lokal hingga internasional juga banyak yang mulai join ke Clubhouse nih, Be-emers.

Puncaknya sih, waktu Elon Musk dan Vladimir Tenev terlibat percakapan di Clubhouse.

Gara-gara obrolan Bos Tesla dan Bos Robinhood Markets tersebut, platform Clubhouse pun mendadak populer dan menarik banyak orang untuk menggunakannya.

Nah, lalu apa sih keistimewaan dari aplikasi Clubhouse?

Baca Juga: Cara Dapat Uang Rp1,4 triliun dari Elon Musk
 

Mengenal Aplikasi Clubhouse

Sebenarnya, aplikasi Clubhouse sudah eksis sejak 2020 lalu lho, Be-emers. Clubhouse dikembangkan oleh pengusaha Silicon Valley Paul Davison dan mantan karyawan Google Rohan Seth.

Pada dasarnya, aplikasi ini fokus pada konten audio. Lebih tepatnya sih, dilansir dari Bisnis, Clubhouse didasarkan pada obrolan audio, yang merupakan radio bincang-bincang (podcast) dan sebagian panggilan konferensi.

Serunya nih, Clubhouse bisa menciptakan ruang untuk orang dapat bertemu serta menjadi host dan mendengarkan. Bahkan, kita juga bisa bergabung dengan percakapan dalam komunitas secara digital lho!

Jadi, saat pengguna membuka aplikasi Clubhouse, pengguna bakal diberikan daftar ruang (chat rooms), serta daftar yang menunjukkan siapa yang ada di setiap ruang tersebut.

Nah, mirip chat group dalam WhatsApp atau Telegram, seseorang bisa bergabung dengan ruang obrolan yang ada, memulai ruang mereka sendiri, atau mengundang orang baru dan memulai percakapan baru.

Setiap ruangnya, terdapat moderator, pembicara, dan pendengar. Sama kayak Zoom, moderator bisa mengontrol siapa yang mendapat hak istimewa berbicara, meskipun pendengar dapat "mengangkat tangan" untuk berbicara.

Yang bikin aplikasi Clubhouse ini juga terkesan keren, yakni menawarkan banyak hal eksklusif. Salah satunya. Clubhouse saat ini baru bisa tersedia untuk pengguna iPhone.

Selain itu, para pengguna harus bergabung secara langsung karena percakapan enggak bisa disimpan. pengguna yang ingin bergabung juga harus mendapat undangan.

Dengan begitu, siapapun yang mau gabung, harus diundang sama orang yang sudah punya akun Clubhouse.

Di satu sisi, seseorang masih bisa mengunduh aplikasi dan memasukkan nama mereka dalam daftar tunggu, tapi enggak ada jaminan kalau mereka bakal mendapatkan akun secara langsung lho!

Gimana, kamu sudah download Clubhouse belum, Be-emers?