Sangat Inspiratif! Mengenal Film Flight, Berhenti Menjadi Pecandu.

Sumber Gambar : Google

Sumber Gambar : Google

Like

Flight adalah sebuah film yang ber genre drama yang menceritakan kisah seorang pilot Whip Whitaker (Denzel Washington) yang melakukan aksi heroik dalam menyelamatkan pesawat yang sedang dikendalikannya. Dalam penerbangan yang berisi 102 orang dengan 6 kru pesawat di dalamnya, 6 orang meninggal .

Tragisnya pilot Whip adalah seorang alcoholic sekaligus pecandu nikotin. Temannya dari Serikat yaitu Pilot, Charlie Anderson (Bruce Greenwood) dibantu oleh pengacara Hugh Lang (Don Cheadle) berusaha membantah bukti hasil analisis darah, rambut, dan urin yang telah di uji setelah kejadian.

Dari hasil uji lab dilihat baca kadar alkohol dalam darah pilot Whip sangat tinggi dan positif mengandung kokain. Karena apabila bukti ini sampai ke tangan NTSB, maka Whip akan dikenakan hukuman penjara selama 12 tahun.

Keluarga korban yang meninggal menuntut, maka Whip dikenakan pasal pembunuhan dan dipenjara seumur hidup.

Whip menjalani perawatan di rumah sakit dan berkenalan dengan Nicole (Kelly Reilly) yang merupakan pasien pecandu narkoba. Nicole mengajak Whip untuk keluar dari keadaan alkoholiknya. Namun Whip sangat susah sekali untuk terlepas dari kecanduannya dan Whip juga semakin tergila-gila .


9 hari sebelum pertemuan dengan NTSB, Whip tinggal bersama Charlie agar dia lepas dari alkohol dan bisa memberikan keterangan di dalam pertemuan seperti yang diarahkan oleh Hugh.

Ternyata Whip gagal karena pada malam hari sebelum bertemu, Whip menemukan mini bar yang penuh dengan alcohol, pada saat itu Whip sangat dilema, Whip mencoba  untuk kembali kepada mantan istrinya dan anaknya namun keduanya menolak. Sebelumnya perceraian terjadi karena masalah Whip yang sangat kecanduan alkohol. Whip sangat frustasi dan menderita karena sudah ditolak.

Charlie (Bruce Greenwood) adalah perwakilan dari asosiasi pilot yang membela Whip untuk kasus ini ia dibantu oleh Hugh Lang (Don Cheadle) seorang pengacara. Mereka memberitahukan bahwa NTSB sudah mempunyai bukti hasil pemeriksaan darah yang mengandung alcohol dan menemukan dua botol kecil vodka yang kosong.

Baca Juga: Jadi Penipu Amoral, Intip Peran Rosamund Pike dalam Film I Care a Lot

Mereka juga membantu Whip dalam menghadapi wawancara dari media massa dan juga NTSB. Whip dikejar-kejar oleh media massa dan ia  tidak berani pulang ke rumah. Akhirnya dia menginap di rumah Charlie dan berjanji tidak akan mabuk lagi untuk beberapa hari sebelum sidang NTSB.

Sehari sebelum sidang NTSB, Whip diinapkan oleh Charlie di sebuah hotel dengan penjagaan di depan pintu kamar agar dapat dikontrol untuk tidak minum alkohol lagi. Mini bar didalam kamar berisi hanya aqua dan jus saja .

Namun pada malam menjelang tidur, Whip menemukan pintu yang terbuka yang merupakan pintu penghubung ke kamar sebelahnya. Rupanya kamar yang ditempati Whip berjenis connecting room. Ia mencari kulkas yang berisi minuman beralkohol.

Sebagai pecandu alkohol, ia sangat sulit sekali menahan keinginan untuk tidak menikmati minuman beralkohol dan yang terjadi pada saat itu adalah  Whip minum sampai mabuk. Hal ini membuat Charlie dan Hugh kelabakan di pagi harinya karena sidang NTSB akan dimulai beberapa saat lagi.

Terungkap di dalam persidangan bahwa apa yang dilakukan oleh Whip tidak bisa dilakukan oleh pilot-pilot lain dan semuanya gagal. Kerusakan pesawat dikarenakan adanya baut yang rusak dan tidak diganti.

Namun ditemukannya dua botol kosong vodka yang terdapat human eror. Dalam rekaman suara, diketahui minuman belum diedarkan kepada penumpang jadi yang minum adalah kru pesawat. Dari enam orang kru pesawat hanya dua orang kemungkinan yang minum yaitu Whip atau Katerina yang sudah meninggal berdasarkan pemeriksaan darah.

Penyelidik bertanya tanya kepada Whip dan bertanya apakah Katerina mengkonsumsi alcohol atau tidak?

Sebuah jawaban yang sulit yang harus dikatakan tetapi sebuah kejujuran dari hati nurani yang paling dalam yang selama ini tersimpan. Sebuah kebebasan dari belenggu yang selama ini sudah menghancurkan kebahagiaannya dan membuat orang-orang yang mencintainya menjauh.

13 bulan lamanya Whip yang selama ini dipenjara akhirnya menyampaikan kepada sekelompok pendukung narapidana bahwa ia telah sadar dan tidak menyesal telah melakukan hal yang benar. Whip senang karena akhirnya ia berhasil untuk tidak mabuk selama setahun.  Akhirnya ia kembali harmonis kepada anaknya.

Baca Juga: Nuansa 90-an yang Manjakan Mata di Film Adaptasi Sinetron Legendaris, Tersanjung The Movie