Diskon Listrik Diperpanjang, Anggaran Kuartal II 2021 Dipotong

PLN ( Sumber : Katadata )

PLN ( Sumber : Katadata )

Like

PLN memberikan diskon pada tagihan listrik masyarakat pada triwulan pertama 2021. Pemberian diskon tersebut dalam rangka sebagai stimulus ekonomi bagi masyarakat akibat pandemic covid-19 yang melanda Indonesia.

“Perpanjangan pemberian stimulus tersebut masih ditujukan oleh pemerintah kepada masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial yang terkena dampak dari Covid-19” tutur Bob, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN dikutip dari CNBC.

Pemberian diskon tersebut direncanakan berakhir hingga bulan maret 2021 ini. Akan tetapi, PLN mengumumkan akan melakukan perpanjangan terhadap diskon tagihan listrik tersebut.

Baca Juga: Tanpa Repot Tambah Alat, Mematikan Lampu Bisa Mengurangi Tagihan Listrik dan Penggunaan Token
 


Besaran Anggaran Stimulus Listrik April - Juni 2021

Pada kuartal I 2021, pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp. 4,66 triliun untuk memberikan stimulus tersebut. Namun, pada kuartal II ini, anggaran yang disiapkan untuk stimulus listrik dipangkas.


Dikutip dari Liputan6, dana yang dialokasikan oleh pemerintah pada kuartal II 2021 tidak sampai separuh dari dana kuartal sebelumnya, yaitu sebesar Rp. 1,88 triliun. Dana tersebut ditujukan untuk 32,74 pelanggan.

Pemangkasan yang cukup drastis tersebut karena pemerintah juga memotong besaran diskon atau stimulus pada setiap pelanggan sebesar 50 persen dari yang sebelumnya 100 persen.

Hal tersebut berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam Surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia yang disampaikan pada PLN.

Pengurangan besaran stimulus listrik yang diberikan disebabkan karena pemerintah melihat bahwa ekonomi masyarakat sudah semakin baik tidak seterpuruk ketika awal pandemi.

Dengan adanya pemangkasan tersebut, maka stimulus yang didapat periode April hingga Juni 2021 sebagai berikut :
  • Pelanggan rumah tangga, bisnis kecil dan industri dengan daya 450 VA sebelumnya mendapat diskon tarif listrik 100 persen menjadi 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam.
  • Pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA sebelumnya mendapat diskon tarif listrik 50 persen menjadi 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam.



Cara Mendapat Stimulus Listrik Periode April - Juni 2021

Karena tidak lagi gratis, untuk mendapatkan stimulus tersebut pelanggan dengan daya 450 VA harus melakukan transaksi terlebih dahulu.

Pada pelanggan pascabayar, diskon akan didapat secara langsung. Dimana tagihan listrik pelanggan akan dipotong secara otomatis sebesar 50 persen. Jadi, saat membayar tagihan sudah akan berkurang dengan sendirinya.

Sedangkan untuk pelanggan prabayar atau yang menggunakan token listrik, bila sebelumnya token gratis bisa diakses dari web, whatsapp dan PLN Mobile, kini diskon listrik 50 persen akan didapat saat membeli token.