Beli Rumah Jadi atau Bangun Rumah Sendiri, Ya?

Rumah ( Sumber : Pinterest )

Rumah ( Sumber : Pinterest )

Like

Tempat tinggal sejatinya menjadi kebutuhan pokok bagi setiap individu. Sehingga tidak dipungkiri bahwa tempat tinggal, bangunan maupun tanah akan selalu dicari-cari.

Selain karena memang kebutuhan primer, dengan memiliki tempat tinggal sendiri tidak perlu pusing untuk berpindah-pindah serta dapat dijadikan simpanan masa depan.

Sebagai sesuatu yang selalu naik nilai atau value nya, memiliki tempat tinggal menjadi kian sulit. Bahkan banyak beredar bahwa generasi millennial akan sulit punya rumah.

Hal ini karena harga yang terus melambung, ditambah penduduk yang semakin padat menyebabkan peluang untuk mempunyai rumah semakin rendah. Terutama untuk rumah-rumah di Kota besar seperti Jakarta.

Tapi, sebenarnya bisa kok millennial punya rumah!


Bila memang niat dan mempersiapkan tabungan dengan baik, maka mempunyai rumah sendiri bukanlah hal yang mustahil, lho.

Nah, bila sudah mempersiapkan budget untuk mempunyai rumah, mungkin anda akan dibingungkan dengan pilihan lainnya, seperti ingin membeli rumah yang sudah jadi atau membeli tanah lalu membangun rumah sendiri.

Kedua pilihan itu memang suka membuat galau, lantas gimana ya milihnya? Berikut perbandingan antara membangun rumah sendiri atau membeli rumah jadi!

Baca Juga: Rumah Tapak Masih Diminati Milenial, Ini Alasannya
 

Harga

Bila membahas harga, rasanya akan sangat relative. Hal ini tergantung dengan di daerah mana kita ingin membeli atau membangun rumah. Oleh karena itu, perbandingan harga disini akan berpatokan pada harga di daerah Jakarta sebagai salah satu kota besar.

Perumahan di Jakarta sangat bervariatif. Rumah termurah dengan tipe 21 yang memiliki luas tanah 60 m2 bisa didapatkan seharga Rp.300-400 juta-an tergantung pada luas bangunan. Tentu saja, terdapat perbedaan harga tergantung pada lokasi, apakah di pinggir kota atau pusat kota.

Sedangkan, bila ingin membangun rumah sendiri, harga tanah termurah di Jakarta pinggiran berkisar antara 4-10 juta/m2 berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (NJOP PBB-P2).

Nah, bila kita ambil harga tanah termurah yaitu 4juta/m2, maka dengan Rp. 400juta/m2 anda hanya baru mendapatkan tanahnya saja. Padahal dengan harga tersebut, anda sudah bisa mendapat rumah tipe 21 yang sudah jadi.

Jadi, bila melihat dari harga tentu membeli rumah yang sudah jadi akan lebih murah.

Bentuk atau desain rumah

Perbedaan selanjutnya terletak pada bentuk dan desain rumah. Bila membeli rumah jadi seperti di perumahan, tentu bentuk rumah akan standar dan sama dengan rumah-rumah di sekitarnya. Selain itu, anda bisa mendesain ulang beberapa hal saja seperti warna tembok atau menambah aksesoris yang tentunya akan menambah pengeluaran.

Sedangkan, bila anda membangun rumah sendiri anda bisa menyesuaikan bentuk rumah sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Selain itu, anda bisa mempersiapkan dekorasi dan aksesoris sedari awal sesuai keinginan. Sehingga, tidak perlu melakukan dekor ulang seperti halnya membeli rumah yang sudah jadi.

Sehingga, bila dilihat dari segi bentuk dan desain bangunan tentu membangun rumah sendiri lebih unggul. Namun, bila anda tidak mempermasalahkan bentuk dan desain rumah, membeli rumah yang sudah jadi adalah pilihan yang tepat.

Kualitas bahan atau kekokohan bangunan

Hal ini juga perlu menjadi pertimbangan. Bila membeli rumah yang sudah jadi, kita tidak tahu apakah build quality nya memang benar-benar bagus atau tidak. Hal ini karena saat pembangunan rumah dilakukan oleh pihak pemasar, kita tidak menyaksikan langsung.

Sedangkan bila membangun rumah sendiri, tentunya kita bisa memperhatikan mulai dari bahan yang digunakan hingga kinerja tukang saat membangun rumah. Meski, tentunya harga bahan akan lebih mahal karena pembeliannya tidak banyak karena hanya untuk sebuah rumah saja.

Sehingga, dalam kualitas bahan bangunan atau kekokohan bangunan tentu membangun rumah sendiri akan lebih baik. Namun, siap-siap untuk merogoh kocek lebih ya untuk membeli bahan-bahannya.

Nah, setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari masing-masing pilihan, mana yang anda akan pilih?

Baca Juga: Beli atau Sewa Rumah, Pilih Mana?