Selain Buat Investasi dan Aksesoris, Ini Fungsi Lain dari Emas

Gold Ring Illustration - Canva

Gold Ring Illustration - Canva

Like

Jauh sebelum emas terpajang cantik di etalase, emas sudah menjadi alat bantu pertukaran di peradaban kuno Kerajaan Lydia. Bahkan sejak zaman Firaun, alias era Mesir kuno, emas dipuja banget dan Firaun pun enggak rela menjadikannya sebagai alat tukar.

Umumnya, logam mulia atau emas, memang dijadikan harta oleh kebanyakan orang. Harta tersebut bisa dalam bentuk investasi maupun sekedar aksesoris perhiasan.

Namun, rupanya emas juga punya sejumlah fungsi lainnya nih.
 

Pendukung Barang Elektronik

Pernah kebayang enggak sih kalau smartphone yang kamu punya, ternyata mengandung elemen emas? Dipakainya emas di perangkat pintar dinilai karena konduktornya ideal dan terjaga kualitasnya.

Emas juga tahan korosi dan berfungsi sebagai pendukung pengiriman data komputer. Enggak cuma di smartphone, elemen emas juga dipakai oleh pembuat GPS dan masih banyak lagi.
 

Pelapis Barang

Kamu pasti tahu masjid berkubah emas yang ada di Depok itu kan? Nah, emas juga punya fungsi buat melapis suatu barang tertentu lho. Bahkan hal ini sudah ada sejak zaman kerajaan Mesir, dimana hampir semua barang-barangnya dilapisi emas.


Emas yang dijadikan sebagai pelapis barang tertentu ini rupanya berfungsi untuk menjaga keindahan suatu benda. Selain itu, emas juga dinilai awet karena warnanya yang nggak mudah berubah.

Dilansir dari laman Sahabat Pegadaian, Enggak cuma dilapisi buat barang-barang yang terlihat mata aja, Emas juga bisa jadi bahan pelindung kaca tebal, bahkan helm astronot.

Yang bikin terkejut lagi nih, ternyata emas juga dipakai buat berbagai elemen pesawat luar angkasa lho! Soalnya, emas bisa menangkal radiasi berlebih, punya konduktor yang baik, dan pastinya anti karat.
 

Hadiah, Penghargaan, dan Tanda Cinta

Siapa sih yang enggak mau dikasih emas? Kalau yang enggak mau, sini buat Be-emin aja!
Hihi

Nah, karena sangat bernilai dan bentuknya yang mudah dijadikan apa saja, emas pun bisa disulap jadi apapun, termasuk hadiah. Di suatu kejuaraan misalnya, emas kerap berfungsi sebagai penghargaan tertinggi dalam bentuk medali atau piala. Soalnya, emas dinilai punya kedudukan lebih tinggi dibanding perak dan perunggu.
 

Gift Series Antam - Gambar: logammulia.com

Gift Series Antam - Gambar: logammulia.com


Selain itu emas juga bisa jadi hadiah, atau bahkan souvenir yang gemes banget. PT Aneka Tambang Tbk (Antam) ternyata menyediakan emas batangan dalam bentuk gift series dengan ukuran 0,5 gram. Desainnya ada macam-macam lho.

Yang terakhir, sudah bukan rahasia lagi, kalau emas dalam bentuk perhiasan juga sering banget dijadikan tanda cinta buat seseorang. Entah itu buat melamar atau jadi mahar pernikahan. Ciyee.

Kalau kamu, lebih suka emas dalam bentuk apa nih?